NATIONAL

Buni Yani Divonis Pengadilan Negeri Bandung 1,5 Tahun Penjara

Rabu, 15 November 2017

Indonesiaplus.id – Keputusan majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara kepada Buni Yani dalam kasus pelanggaran Undang- Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Berdasarkan majelis hakim yang diketuai M Saptono itu menilai Buni Yani secara sah dan meyakinkan bersalah atas perbuatannya.

“Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada terdakwa dengan pidana selama satu tahun dan enam bulan,” ujar Ketua Majelis Hakim PN Bandung, M Saptono di Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip, Jalan Seram, Kota Bandung, Selasa (14/11/2017).

Persoalan tersebut bermula saat Buni Yani mengunggah video pidato Basuki Tjahaja Purnama di Kepulauan Seribu, 27 September 2016, di laman Facebook miliknya.

Selain mengunggah, Buni pun membubuhi keterangan transkrip video pidato Ahok tersebut yang dinilai tidak sesuai dengan transkrip yang asli.

Kiriman video pidato Basuki Tjahaja Purnama yang diedit Buni Yani dinilai provokatif. Durasinya pun hanya 31 detik, berbeda dengan yang resmi diunggah Pemprov DKI satu jam 48 menit.

Dia menghilangkan kata “pakai” saat Ahok menyinggung Surat Al-Maidah. Majelis hakim menilai Buni Yani terbukti melanggar Pasal 32 Ayat 1 dan Pasal 28 Ayat 2 UU ITE dengan melakukan ujaran kebencian dan mengedit isi video pidato Ahok.

1 2Next page
Show More

Related Articles

Back to top button
Close