HUMANITIES

Implementasi Tri Dharma, Poltekesos Gelar Penguatan Kapasitas RBM dan Germas

Indonesiaplus.id – Salah satu visi dari perguruan tinggi tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Setiap perguruan tinggi dituntut melahirkan insan cerdas dengan semangat juang tinggi, kritis, kreatif, mandiri, serta inovatif.

Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat. Tidak semata tanggungjawab dosen dan mahasiswa, melainkan segenap civitas akademika.

Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung, salah satunya dengan penguatan kapasitas terhadap pengurus RBM dan Gerakan Masyarakat Sejahtera (Germas) di Desa Kersamanah, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut, Jumat (4/10/2019).

Adapun penguatan kapasitas pengurus RBM dan Germas diisi dengan materi tentang kedisabilitasan, rehabilitasi berbasis masyarakat, HIV/AIDs, serta kebencanaan.

Dipandu para fasilitator, yaitu Kedisabilitasan oleh Rosyikin S, Rehabilitasi Berbasis Masyarakat oleh Ajat Sudrajat.M, HIV/AIDS oleh Krisna Dewi, Ph.D, serta Kebencanaan oleh Nurjanah, M.Pd.

Output dari RBM yang telah terbentuk bisa menunjukkan kinerja lebih baik dan menjadi percontohan, sekaligus laboratorium outdoor Poltekesos Bandung. Selanjutnya dilakukan pembuatan Rencana Tindak Lanjut (RTL).[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close