POLITICS

Survei LSI: Publik Percaya Gerakan Mahasiswa Saat Ini Masih Murni

Indonesiaplus.id – Gelombang unjuk rasa mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia menolak sejumlah revisi undang-undang kontroversial, termasuk UU KPK tidak ditunggangi oleh pihak anti Presiden Jokowi.

Hal tersebut terungkap dari survei Lembaga Survei Indonesia ( LSI) bahwa sebanyak 46,8 persen responden unjuk rasa mahasiswa masih murni.

Jika melihat hanya 11,8 persen publik yang menyatakan bahwa demonstrasi itu ditumpangi oleh orang-orang anti Jokowi. Sedangkan sebanyak 16,4 persen menilia demonstrasi itu digerakan oleh orang anti Jokowi.

“Terlihat sebagian besar atau 46,8 persen publik itu menyatakan ada demonstrasi mahasiswa ada demonstrasi lain,” ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan di Jakarta, Ahad (6/10/2019).

Survei LSI dilakukan pada 4 hingga 5 Oktober 2019, dengan mengambil responden secara acak (random) dari responden survei nasional LSI sebelumnya pada Desember 2018 hingga September 2019 dengan berjumlah 23.760 orang dan punya hak pilih.

Kemudian, dipilih responden yang memiliki telepon, jumlahnya 17.425 orang. Menggunakan sampel dengan metode stratified random sampling sebanyak 1010 orang.

Adapun responden diwawancarai melalui telepon, survei ini dengan margin of error adalah plus minus 3,2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close