HEALTH

Penderita Kencing Manis Bisa Diobati Dengan Bagian Pohon Jamblang

Indonesiaplus.id – Di beberapa daerah disebut duwet atau lebih dikenal pohon jamblang yang sudah cukup langka ditemukan, padahal memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Mulail dari biji, daun, kulit kayu dan buahnya bisa dibuat obat tradisional untuk mengobati beberapa masalah kesehatan.

Bahkan, di beberapa negara bagian dari pohon jamblang dijadikan salah satu pengobatan tradisional, termasuk untuk kencing manis atau diabetes. Juga, beberapa bagian pohon duwet juga digunakan untuk gangguan pencernaan termasuk perut kembung, kejang usus, masalah perut dan diare parah atau disentri.

Selain itu, khasiat duwet lainnya sebagai pengobatan masalah paru-paru seperti bronkitis dan asma. Juga yang menggunakan jamblang sebagai afrodisiak untuk meningkatkan minat dalam aktivitas hubungan suami istri, dan sebagai tonik.

Pertama, pohon jamblang untuk kencing manis
Seperti dikutip dari Rxlist, dalam kombinasi dengan herbal lain, biji jamblang digunakan untuk sembelit, penyakit pankreas, masalah perut, gangguan saraf, depresi dan kelelahan.

Dengan bagian kulit kadang-kadang dioleskan langsung ke mulut dan tenggorokan untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Hal ini juga diterapkan langsung ke kulit untuk bisul kulit dan radang kulit.

Lalu, biji dan kulit pohon jamblang mengandung bahan kimia bisa menurunkan gula darah. Tetapi ekstrak dari daun dan buahnya tidak mempengaruhi gula darah. Kulitnya juga mengandung bahan kimia yang dapat melindungi dari kerusakan oksidasi, serta bahan kimia yang mengurangi pembengkakan.

Bagi penderita kencing manis, ada beberapa bukti bahwa minum teh daun jamblang bisa menurunkan gula darah. Demikian dengan biji dan kulit kayu dapat menurunkan gula darah, meskipun penelitian baru sebatas hewan laboratorium.

Berdasarkan penelitian lain menunjukkan biji jamblang juga dapat menurunkan kolesterol pada orang yang memiliki kolesterol tinggi karena diabetes. Tetapi sekali lagi, manfaat ini belum ditunjukkan pada manusia.

Kedua, efek samping bagian pohon jamblang
Di dalam ekstrak biji dan kulit kayu jamblang dapat menurunkan kadar gula darah, ini memberikan efek samping berupa penurunan. Perli dipantau kadar gula darah dengan cermat jika Anda menderita diabetes dan minum ekstrak jamblang.

Namun, jika Anda sedang menggunakan obat diabetes, lebih baik berbicara dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda. Mengkonsumsi biji atau kulit kayu jamblang bersama dengan obat diabetes, dapat menyebabkan gula darah terlalu rendah. Pantau gula darah Anda dengan cermat. Dosis obat diabetes Anda mungkin perlu diubah.

Sedangkan, untuk dosis jamblang yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Untuk saat ini belum ada informasi ilmiah yang cukup menentukan kisaran dosis yang tepat.[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close