HUMANITIES

Gelar Ceramah Umum, Poltekesos Bandung Buka Wawasan Global Soal Isu Praktik Pekerjaan Sosial

Indonesiaplus.id – Politikenik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung menggelar kegiatan Ceramah Umum atau general lecture secara daring dengan Tema “Future Challenges of Social Work Practice” dalam rangka kerjasama luar negeri dengan menghadirkan narasumber Profesor Adi Fahrudin, Ph.D. dan Profesor Azlinda Azman, Ph.D.

“Secara khusus saya sampaikan selamat berjumpa dan selamat datang kembali Profesor Azlinda Azman di civitas akademi Poltekesos Bandung. Bagi kami, sosok Prof Azlinda tidak asing lagi karena sebelumnya terjalin dengan Universiti Sains Malaysia untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dosen melalui Program Pascasarjana Doktoral atau Program Ph.D. Social Work di USM Malaysia, ” ujar Direktur Poltekesos Bandung, Dr Marjuki di Bandung saat membuka secara resmi Ceramah Umum, Rabu (27/10/2021).

Kehadiran Prof Azlinda, kata Marjuki, bisa dimulai kembali dengan berbagai lingkup kerjasama internasional lainnya seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian dan pengabdian bersama antara dosen dan mahasiswa USM dengan Poltekesos Bandung.

“Adapun kerjasama dengan perguruan tinggi ini baik dengan pihak luar maupun dalam negeri sangat penting bagi Poltekesos Bandung untuk menuju Akreditas Perguruan Tinggi Unggul, ” tandas Marjuki.

Kegiatan ceramah umum sangat penting, terutama untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pemikiran terkait dengan perkembangan secara global Praktik Pekerjaan Sosial. Terlebih saat ini berada di tengah-tengah Pandemi Covid-19 banyak sekali tantangan yang harus dan akan kita hadapi dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial yang terjadi baik yang sifatnya konvensional maupun permasalahan sosial yang sifatnya kontemporer.

Selain itu, berbagai negara di wilayah regional ASEAN, khususnya dalam bidang Praktik Pekerjaan Sosial sudah banyak yang berkiprah dan terlibat dalam upaya penanganan permasalahan sosial baik dalam skala mikro, meso maupun makro. Berbagia upaya mengembangkan praktik pekerjaan sosial telah dilakukan, sehingga keterlibatan profesi pekerjaan sosial sangat tinggi dan tentunya akan memberikan dampak yang positif untuk pengakuan Pekerjaan Sosial sebagai profesi yang setara dan sama dengan profesi lainnya.

“Diharapkan dengan kehadiran para narasumber dalam ceramah umum hari ini, kiata akan mendapatkan pencerahan, pengetahuan dan pemahaman baru terkait isu-isu perkembangan praktik pekerjaan sosial terkini yang akan sangat bermanfaat bagi para dosen dan mahasiswa Poltekesos Bandung, ” harapnya.

Narasumber Adi Fahrudin mengingatkan bahwa profesi kemanusiaan itu membutuhkan kepedulian sosial, bagi seorang pekerja sosial, konselor, terapis, perawatan kesehatan profesional, pemimpin, pendidik, agen perubahan, pengasuh, orang tua, pengusaha yang digerakkan oleh tujuan – orang yang memberikan banyak dari diri Anda sendiri dalam melayani kesejahteraan, pembelajaran, dan pertumbuhan orang lain di beberapa cara – perawatan diri dan perawatan orang lain menjadi keseimbangan yang penting bertindak.

“Jadi, dalam profesi layanan manusia termasuk pekerja sosial merupakan pekerjaan yang penuh dengan tekanan dan kebutuhan untuk mengelola dan menyeimbangkan kehidupan pribadi mereka dan kehidupan profesional, ” tutur Adi Fahrudin di awal paparannya.

Profil singkat narasumber: Azlinda Azma adalah profesor dalam bidang Kerja Sosial di Malaysia. Alumni Kedoktoran dalam klinikal kerja sosial dari New York University, New York, Amerika Syarikat. Saat ini menjabat selaku Dekan, Pusat Pengajian Sains Kemasyarakatan, Universiti Sains Malaysia. Beliau juga adalah Presiden Persatuan Pekerja Sosial Malaysia. Juga, merupakan IKON Kerja Sosial di Malaysia atas anugerah Kementerian Pembangunan Wanita, Keluarga dan Masyarakat.

Sedangkan, Adi Fahrudin adalah Guru Besar Bidang Pekerjaan Sosial, Universitas Muhammadiyah Jakarta Profesor Tamu, Lembaga Penelitian Pekerjaan Sosial, Sekolah Tinggi Pekerjaan Sosial Jepang, Jepang. Associate Research Fellow, Institut Penelitian Asia untuk Pekerjaan Sosial Internasional, Universitas Shukutoku, Jepang. Associate Research Fellow, Unit Penelitian Psikologi dan Kesehatan Sosial, Universiti Malaysia Sabah, Malaysia.

Kegiatan Ceramah Umum dihadiri oleh Para Wakil Direktur dan Pejabat Fungsional Dosen dan fungsional Polekesos Bandung, Pejabat Struktural, Para Mahasiswa Sarjana Terapan, dan Magister Terapan Poltekesos Bandung.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close