HEALTH

Mau Camilan Sehat Sebelum Tidur? Berikut Daftar Rekomendasi Ahli Gizi

Selasa, 17 Oktober 2017

Indonesiaplus.id – Terkadang di malam hari datang godaan untuk menghabiskan stok camilan sebelum tidur. Padahal, kebiasaan tersebut bisa berakibat buruk terhadap program diet Anda. Kenaikan berat badan adalah salah satu dampak yang mengintai Anda.

Memenuhi hasrat mengudap sebelum tidur tanpa mengganggu program diet, Anda perlu memperhatikan jenis camilan. Sebab, Anda harus memilih camilan yang tidak berpotensi menaikkan berat badan.

Seorang ahli gizi dari Pennsylvania, Amerika Serikat, Janet Bond Brill, PhD, RDN, LDN, FAND, cobalah untuk mengonsumsi camilan rendah kalori sebelum tidur seperti berikut ini.

Keju olahan
Mengutip Women’s Health, keju masih menjadi pilihan terbaik untuk dimakan di malam hari meski telah diolah. Sebab, keju banyak mengandung protein dan lemak yang cukup membuat tubuh merasa kenyang.

Setiap keju yang Anda konsumsi sebagai camilan hanya memiliki sekitar 80 kalori. Artinya, selama dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan, itu tidak akan berdampak banyak pada berat badan Anda. Selain itu, menurut Janet, keju mengandung triptofan asam amino yang bisa membuat Anda mengantuk dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Semangkuk serealia
Tidak semua jenis serealia bebas dikonsumsi. Anda tetap harus memilih jenis serealia tertentu untuk dikonsumsi di malam hari, agar tidak menyebabkan berat badan naik. Anda bisa memilih serealia yang berbahan dasar gandum utuh, seperti oatmeal. Jenis makanan ini lebih mudah dicerna dan rendah kalori.

Yoghurt tanpa lemak dan tanpa rasa
Menjadi salah satu alternatif camilan di malam hari. Namun Anda perlu memilih yoghurt tanpa lemak dan tanpa rasa (plain).

Jenis camilan yang satu ini hanya mengandung sekitar 100-150 kalori. Namun alasan memilih yoghurt untuk camilan malam hari tak berhenti di situ. Yoghurt bisa mengobati sakit mag, karena asam yang terbentuk di dalam yoghurt adalah asam laktat yang menyembuhkan luka pada dinding lambung.

Agar tidak terlalu hambar, Anda bisa menambahkan potongan buah, seperti stroberi atau pisang.

Apel dan selai kacang
Apel mengandung banyak serat. Cobalah untuk mengombinasikan potongan buah apel dengan satu sendok selai kacang. Selai kacang mengandung protein yang akan membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, tak ada hasrat untuk makan lagi setelahnya.

Pisang
Jenis camilan yang bisa meningkatkan energi. Pisang juga kaya akan magnesium yang berperan melemaskan otot dan memberikan efek menenangkan. Selain itu, pisang mengandung serotin dan melatonin yang bisa membantu Anda lebih cepat terlelap.

Jadi, makan camilan di malam hari bukan lagi ide buruk untuk program diet Anda. Makan sebelum tidur boleh saja, asal pilih camilan yang rendah kalori, dan makan dengan porsi yang wajar. Sediakanlah jenis-jenis makanan sehat tersebut di rumah Anda, ya![Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close