POLITICS

Jika PT 20 Persen, HNW: Pilpres 2019 Hanya Munculkan Capres ‘4 L’

Rabu, 18 Oktober 2017

Indonesiaplus.id – Pemilihan presiden (Pilpres) 2019 diharpakan bisa berlangsung semarak dan menghadirkan banyak Capres alternatif kepada rakyat.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, dengan begitu rakyat tidak disajikan oleh Capres yang hanya ‘4L’ atau “loe lagi-loe lagi”.

Syarat agar Pilpres berlangsung semarak adalah jika ambang batas pengajuan calon presiden atau presidential threshold (PT) yang digunakan adalah nol persen.

“Tentu akan lebih semarak kalau nol persen, akan menghadirkan alternatif dan harapan baru bagi rakyat Indonesia, tidak hanya kemudian ‘4 L’ (loe lagi-loe lagi),” ujar pria yang akrab disapa HNW itu, Selasa (17/10/2017).

Dengan munculnya Capres-capres alternatif, kata Hidayat, rakyat juga akan semakin bergairah menggunakan hak pilihnya. Namun sebaliknya, jika PT sebesar 20 persen, dikhawatirkan antusias warga berkurang, karena kemungkinan munculnya Capres baru tidak akan terbuka lebar.

“Kalau hanya itu-itu lagi, saya khawatir justru yang menang nanti itu Golput. Kita ingin yang menang demokrasi dan rakyat Indonesia, yang berpartisipasi dengan dihadirkannya alternatif-alternatif calon presiden,” katanya.

Menurut HNW bahwa jika pada akhirnya PT 20 persen diterapkan, maka ia memprediksi hanya ada maksimal tiga pasangan Capres saja yang berlaga di Pilpres 2019 tersebut.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close