POLITICS

Yayat: NHPD Beres, Jabar Paling Siap Gelar Pilkada di Indonesia

Kamis, 10 Agustus 2017

Indonesiaplus.id – Daerah yang paling siap menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Indonesia adalah Jawa Barat (Jabar). Hal itu berdasarkan parameter penandatanganan Naskah Hibah Perjanjian Daerah (NHPD) antara KPU dengan Pemprov Jabar.

NPHD menjadi dasar hibah anggaran penyelenggaraan Pilkada dari Pemprov ke KPU. Sekadar diketahui, Pilkada serentak 2018 untuk Jabar akan berlangsung di 16 kabupaten dan kota. Selain itu, KPU sudah menyiapkan diri menghadapi gelaran Pilgub Jabar 2018.

“Meski Pilgub Jabar ditambah Pilkada di 16 kabupaten dan kota paling besar di Indonesia, persiapannya paling siap di Indonesia. Parameternya sederhana, KPU Jabar dan beberapa KPU kabupaten dan kota sudah menandatangani NPHD jauh-jauh hari,” ujar Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat saat kegiatan Rakor Persiapan Pilkada 2018 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (10/8/2017).

Sedangkan di provinsi lain, kata Yayat, masih ada yang belum menandatangani NPHD. Bahkan masih berdebat atau negosiasi terkait besaran anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada 2018. “Sementara provinsi lain masih nego angka,” katanya.

Terkait besaran anggaran pelaksanaan Pilgub dan Pilkada serentak di Jabar mencapai Rp 1,164 triliun, sambung dia, memang sangat besar bila dibandingkan dengan daerah lain. Namun, Yayat menambahkan, bila dilihat dari sisi biaya perorangan terbilang kecil yakni Rp 35 ribu.

“Rp 1,164 triliun rupiah untuk 33 juta pemilih nilainya terbilang kecil. Ini membuat proses penyiapan anggaran kita relatif lancar. Karena memang sangat murah dibanding provinsi lain. Bali misalnya, indeksnya 65 ribu rupiah. Bahkan ada juga yang 100 ribu rupiah per orang,” ucapnya.

Pemprov Jabar menggelar rapat kordinasi persiapan penyelenggaraan Pilkada 2018. Hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Jabar Dedi Mizwar, para kepala daerah atau perwakilan dari 27 kabupaten/kota, pihak kepolisian, serta tamu undangan.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close