POLITICS

Terkait Gugatan OSO, Komisi II DPR Bakal Segera Panggil KPU

Rabu, 23 Januari 2019

Indonesiaplus.id – Rerkait gugatan Oesman Sapta Odang (OSO), Komisi II DPR bakal memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasalnya, Komisi II DPR menyesalkan sikap KPU yang mengabaikan putusan Mahkamah Agung dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memenangkan OSO.

“Kami nanti akan carikan formula penyelesaiannya. Kenapa KPU bersikeras dan nanti pada waktunya, akan kami
panggil,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria, Rabu (23/1/2019).

Sebelulmnya, PTUN Jakarta dalam putusannya menyatakan keputusan KPU tentang Penetapan Daftar Calon  Tetap Perseorangan Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Daerah Tahun 2019 tertanggal 20 Sepetember 2018, batal.

Juga, PTUN Jakarta memerintahkan KPU untuk mencabut keputusannya itu. Selanjutnya, memerintahkan KPU menerbitkan keputusan tentang Penetapan Daftar Calon Tetap Perseorangan Perserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Daerah Tahun 2019 yang mencantumkan nama OSO sebagai Calon Tetap Perseorangan Perserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Daerah Tahun 2019.

Menurut Riza Patria, apakah putusan MK yang membatalkan Undang-Undang Pemilu terkait anggota DPD  boleh dari Partai Politik berlaku surut atau tidak. Oleh Mahkamah Agung (MA) dijelaskan bahwa putusan MK itu berlaku surut, sehingga dilaksanakan pada Pemilu 2024, bukan Pemilu 2019.

Dalam putusan pengadilan PTUN, KPU kembali diperintahkan untuk mencabut DCT anggota DPD dan memasukkan nama Oesman Sapta kedalam DCT baru periode 2019-2024.

“Jadi karena sudah final oleh MA dan PTUN. Harusnya KPU melaksanakan putusan pengadilan,” papar Politikus Partai Gerindra ini.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close