HUMANITIES

Mendikbud Usulkan ke Sri Mulyani Gaji Guru Honorer Setara UMR

Rabu, 23 Januari 2019

Indonesiaplus.id – Gaji guru honorer diusulkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy agar setara dengan upah minimum regional (UMR)

Usulan Muhadjir tersebut disampaikan Muhadjir saat bertemu dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

“Kami usulkan ke Bu Menkeu agar bisa mendapatkan gaji minimum UMR di masing-masing daerah,” ujar usai pertemuan dengan Menkeu di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).

Tidak semua guru honorer memenuhi syarat untuk mengikuti kedua seleksi tersebut. Guru-guru ini lah yang diusulkan menerima gaji minimal setara UMR tersebut.

Anggaran tersebut akan dibebankan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Skema penyalurannya dilakukan melalui dana alokasi umum (DAU) sehingga tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Saya sebagai Mendikbud meminta supaya itu masuk dalam anggaran APBN, (melalui) DAU, tidak dibebankan
kepada APBD. Karena kalau dibebankan ke APBD kita tidak bisa memaksa daerah alokasikan itu,” tandas Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Pihaknya menilai bahwa skema DAU akan lebih mudah dikontrol oleh Kementerian Keuangan. Sri Mulyani meminta jajarannya berkoordinasi dengan pihak Kemendikbud agar penggunaan anggarannya bisa tepat
sasaran.

“Tentu saja dipetakan lebih rinci agar bisa dipastikan ada ketersediaan dana dan ada orangnya. Karena itu Kemendikbud sedang melakukan sensus terhadap guru honorer. Untuk memastikan dia melaksanakan tugas  sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close