POLITICS

Klaim UIN Suska, UAS Mundur dari ASN Bukan Akibat Tekanan Politik

Indonesiaplus.id – Plt Wakil Rektor II Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Ahmad Supardi menepis anggapan masyarakat terkait mundurnya Ustaz Abdul Somad (UAS) bukan karena politik.

“UAS mundur karena kesibukannya sebagai pendakwah. Saya kira tidak terkait dengan politik dan tekanan,” ujar Ahmad, Selasa (15/10/2019).

Beberapa waktu lalu, UAS menyatakan berhenti dari pekerjaan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Juga, dipanggil pihak Rektorat UIN Suska Riau karena dianggap mendukung Prabowo Subianto. Lalu, apa hubungannya?

Juga, beredar video pertemuan Ustaz Abdul Somad dengan capres 02, Prabowo Subianto, pada 11 Mei 2019.UAS berujar pasrah dengan apa yang akan terjadi selanjutnya. Dalam pertemuan tersirat dirinya yang saat itu sedang cuti secara pribadi mendukung UAS.

Ada anggapan UAS dinilai tidak netral sebagai ASN. Pihak UIN menegaskan saat bertemu Prabowo, UAS sedang cuti. Juga, sebelumnya beredar ada surat pemecatan UAS, tetapi pihak UIN membantahnya.

Tak lama berselang, Kementerian Agama memerintahkan UIN Suska memeriksa UAS. UAS tidak bisa hadir karena meneruskan studi S3 di Sudan. Secara mengejutkan, UAS menulis surat resmi menyatakan mundur dari PNS di UIN Suska.

“Sebenarnya kami sangat kehilangan sosok beliau. Dia pandai, cerdas, berpengaruh dan terkenal,” pungkasnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close