POLITICS

Daripada Jatuh ke Asing, PS 08 Akui Kuasai Lahan Ratusan Ribu Hektare

Ahad, 17 Februari 2019

Indonesiaplus.id – Ada ratusan ribu hektare lahan di Aceh dan Kalimantan Timur, diakui oleh calon presiden Prabowo Subianto akui memiliki ratusan ribu hektare lahan.

Pengakuan tersebut disampaikannya di ujung debat capres sebagai tanggapan atas pernyataan capres Joko Widodo alias Jokowi.

“Kami juga ingin minta izin, tadi disingung soal tanah yang katanya saya kuasai ratusan ribu di beberapa tempat.  Itu benar,” ujar Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad (17/2/2019).

Menurut Prabowo, tanah tersebut berstatus Hak Guna Usaha (HGU). Karena itu, kepemilikan sebenarnya ada  di tangan negara. Dia hanya mengelola lahan tersebut untuk kepentingan produksi.

Pengakuan Jenderal berjuluk 08 itu memastikan bahwa dirinya rela jika semua tanah itu diambil alih oleh negara.

“Iya itu adalah milik negara. Jadi, setiap saat, negara bisa ambil kembali. Dan kalau untuk negara, saya rela kembalikan itu semua. Tapi daripada jatuh kepada orang asing, lebih baik saya yang kelola,” tandasnya.

Dalam sesi debat tersebut, Jokowi menyindir Prabowo Subianto yang memiliki lahan yang luas di Kalimantan Timur dan di Aceh Tengah. Bahkan bidangnya tidak sedikit. Jokowi menegaskan, bagi-bagi lahan seluas itu tidak terjadi di eranya.

“Saya tahu Pak Prabowo‎ memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektare, juga di  Aceh tengah 120.000 hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak  dilakukan masa pemerintahan saya,” pungkasnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close