Uncategorised

Merkel: Tentara AS Ditarik Bisa Perkuat Posisi Rusia di Suriah

Ahad, 17 Februari 2019

Indonesiaplus.id – Terkait dengan rencana Washington untuk segera menarik tentaranya keluar dari Suriah berisiko membiarkan Rusia dan Iran meningkatkan peran mereka di kawasan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel bahwa Amerika Serikat (AS) akan menarik mundur pasukan pasca ISIS berhasil dikalahkan.

Saat ini, ISIS hanya tinggal menguasai sebidang tanah kecil di timur laut Suriah dan kekalahan mereka diperkirakan akan segera terjadi. Begitu mereka dikalahkan, pasukan AS akan segera ditarik dari negara itu.

Akan tetapi, di saat yang sama Washington sedang berjuang untuk meyakinkan sekutu merkea untuk tetap di Suriah usai mereka pergi dan Merkel memperingatkan risiko meninggalkan kekosongan di wilayah tersebut.

“Apakah itu ide yang baik bagi Amerika untuk secara tiba-tiba dan cepat menarik diri dari Suriah? Atau akankah sekali lagi memperkuat kapasitas Iran dan Rusia untuk mengerahkan pengaruh mereka,” ungkap Merkel pada Konferensi Keamanan Munich, seperti dilansir Arab News pada Ahad (17/2/2019).

Namun, hal senada disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian. Di mana dia mengatakan AS akan menciptakan kekosongan di Suriah yang dapat menguntungkan musuhnya Iran dan menyebut pendekatan itu sebagai sebuah misteri.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close