HUMANITIES

Resmikan Jembatan Sawunggaling, Mensos Dukung Sarana Terpadu Moda Kota Surabaya

Indonesiaplus.id – Untuk penanganan masalah intermoda, keterpaduan moda serta bukan sekedar sarana penghubung di Kota Surabaya, Jembatan Sawunggaling diresmikan hari ini, Sabtu (1/5/2021).

“Terima kasih saya diundang pada peresmian ini, kendati bukan wali kota Surabaya. Konsep terlihatnya hanya sebuah jembatan. Melainkan konsep untuk penanganan masalah intermoda, keterpaduan moda di Kota Surabaya, ” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meresmikan jembatan dan menandatangani prasasti.

Jembatan Sawunggaling tak sekedar sarana penghubung, juga sebagai sarana mengatasi interkoneksi melalui konsep intermoda.

“Jadi, dulu direncanakan ada trek yang kemudian ketemu di lantai dua lalu ketemu dengan bus. Jika beralih moda akan memudahkan pergerakan warga, ” ungkap Mensos.

Kehadiran jembatan ini, selain membantu warga mengakses ke tempat parkir dan terminal, juga ke Surabaya arah barat.

Sebenarnya pada awal perencanaan, ada rencana menghubungkan ke tempat lain.” Iya, karena pandemi Covid-19 kita nggak punya uang,” ungkap Mensos.

Di jembatan ini menjadi lokasi strategis terhubung dengan kebun binatang. Untuk lokasi parkir pengunjung kebun binatang bisa di lokasi tersebut karna lokasinya lebih luas.

“Memang terminal konsepnya untuk antarmoda di sana ada trem, ada bus dan ada angkot yang menghubungkan warga bisa menyeberang bisa dari sini, ” terang Mensos.

Dari situ lalu akan berfungsi sebagai terminal penghubung antarmoda yang terpadu di Kota Surabaya. “Moda yang terpadu sehingga dari sini bisa naik angkot, naik bus antarkota juga bisa dari sini,” ungkap Mensos, bangga.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close