HUMANITIES

Mensos: Peksos Harus Mampu Tingkatkan Layanan Sosial Berbasis Digital

Indonesiaplus.id – Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan di segala sektor kehidupan. Kondisi itu sudah harusnya menjadi inspirasi bagi para pekerja sosial untuk memberikan layanan sosial dengan berbasis digital.

“Era industri 4.0 atau digital harus bisa dimanfaatkan mendukung tugas pembangunan dan meningkatakan layanan kesejahteraan sosial, ” ujar Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita usai sambutan seminar internasional, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Praktik Pekerjaan Sosial, Prospek dan Tantangannya di Gedung Aneka Bhakti, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Selain digelar seminar internasional dengan para pakar di bidangnya baik dari dalam maupun luar negeri, juga digelar pengukuhan Pengurus Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) periode 2019 – 2022.

Era industri 4.0 telah melahirkan berbagai pola baru partisipasi publik secara luas, namun substansial khususnya terkait menjembatani berbagai hambatan kelembagaan untuk menyelesaikan permasalahan sosial.

Namun, kata Agus, selain bisa memberikan manfaat kemajuan teknologi juga membawa dampak yang tidak selamanya positif. Maka perlu kajian yang memdalam dari aspek norma dan etika.

“Pada kondisi itu, derasnya berbagai informasi mengharuskan pekerja sosial senantiasa siap. Usai seminar ini diharapkan bisa dikaji dan diberikan masukan bagi kebijakan pembangunan kesejahteraan sosial, ” katanya.

Selain itu, terkait seminar internasional yang digelar ini, Mensos menyatakan bahwa acara ini disemangati oleh rasa syukur dengan telah disahkannya Undang-undang (UU) Pekerjaan Sosial.

“Dengan hadirnya UU Pekerjaan Sosial yang patut harus kita syukuri bersama, sebab UU itu telah memberikan perlindungan dan hak-hak bagi para pekerja sosial, ” tandasnya.

Pada acara tersebut, hadir Sekjen Kemensos Hartono Laras, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, serta mantan Sekjen Kemensos Toto Utomo Budi Santoso. [mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close