HUMANITIES

Kirab Kereta Kencana Digelar Bandara Adisutjipto Sambut Tahun Baru 2018

Minggu, 31 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Menyambut tahun baru 2018, Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta menggelar Kirab Kereta Kencana dan Bregada Waskita Satuan POM Angkatan Udara Adisutjipto, pada Minggu (31/12/2017).

Kirab kereta kencana tersebut akan dilepas langsung oleh General Manager Bandara Adisutjipto, Kolonel Penerbang Agus Pandu Purnama dan Komandan Lanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga di Taman Budaya Candi Borobudur Adisutjipto.

“Agenda ini merupakan yang perdana dan akan dijadikan agenda tahunan untuk dilaksanakan tepat menjelang pergantian tahun,” ujar Novyan Samioga.

Agenda yang melibatkan kereta kencana yang ada di Bandara Adisutjipto dan ratusan bergada yang ada di Lanud Adisutjipto itu sekaligus ditujukan untuk mendukung kegiatan pariwisata di DIY.

“Acara ini sebagai wujud dari kepedulian Komunitas Adisutjipto meliputi Bandara dan Lanud Adisutjipto untuk lebih menyemarakkan kegiatan pariwisata di Yogyakarta,” katanya.

Pasukan bergada yang dilibatkan dalam kirab tersebut tidak seperti pasukan bergada keraton Yogyakarta pada umumnya. Bergada Waskita Satuan POM AU Adisutjipto tidak membawa tombak, melainkan senjata laras panjang.

“Jadi saya memodifikasi. Jadi kalau para prajurit Keraton asli menggunakan tombak, kalau ini menggunakan senjata organik beneran. Inilah wujud asimilasi nilai-nilai tradisional dengan nilai-nilai prajurit,” tandasnya.

Untuk rute Kirab Kereta Kencana Adisutjipto dimulai dari Taman Budaya Candi Borobudur Adisutjipto- Jalan Solo- Monumen Tugu Garuda Maguwo- kembali ke Taman Budaya Candi Borobudur.

“Kami membawa kirab kereta kencana yang merupakan ikon dari Keraton Ngayogyakarta. Sebab, kira-kira dua tahun lalu mendapatkan kereta kencana ini,” ucap General Manager Bandara Adisutjipto, Kolonel Penerbang Agus Pandu Purnama.[Mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close