HUMANITIES

Kenang Mayor Laut (P) Eko Firmanto, Tulang Punggung Keluarga itu Telah Gugur

Indonesiaplus.id – Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung, mengunjungi salah satu korban tenggelamnya KRI Nanggala 402 yaitu Mayor Laut (P) Eko Firmanto, 36 tahun, beralamat di Jl. Yos Sudarso No. 110 Waru Sidoarjo Jawa Timur.

Ia dikenal sosok sederhana, taat beribadah, bertanggungjawab dan ramah terhadap masyarakat sekitar. Kedua buah hatinya adalah M. Rafasha, 7 tahun kelas 2 SD dan Maharani Zivana, 6 tahun, kelas 1 SD sangat dekat dengan Mayor Eko.

Selain menyampaikan rasa empati dan tim Balai memberikan dukungan psikososial bagi keluarga. Hal itu selaras dengan arahan Menteri Sosial RI Tri Rismaharani, bahwa Kemensos akan memberikan dukungan psikososial dan perhatian penuh bagi seluruh keluarga korban KRI Nanggala 502.

Kepala Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung, Juena Sitepu dan tim kedua anak Mayor Eko tetap ceria bermain dengan gembira.

Tampak belum memahami tentang kepergian ayahnya yang telah gugur mengabdi pada bumi pertiwi, berbeda dengan ibundanya Ekhan, 32 tahun, istri Mayor Eko, terlihat masih sangat terpukul dan belum menerima kepergian suaminya. Sehari-hari Ekhan seorang dokter gigi honorer di salah satu Puskesmas di Sidoarjo.

Kepada tim Balai Besar Disabilitas Kartini, Ekhan menuturkan sempat khawatir dan ketakutan akan masa depan kedua anaknya yang masih sangat membutuhkan kasih sayang dan dana.

Mengingat statusnya yang honorer dengan penghasilan kisaran empat jutaan per bulannya, tentu tidak mencukupi kebutuhan anak-anaknya. “Saya berharap bisa diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menopang kehidupan keluarga, ” ungkapnya, Selasa (27/4/2021).

Saat ini, istri Mayor Eko dan kedua anaknya tinggal di rumah ibunya. Sedangan, Ibu Mertua Mayor Eko, Ibu Sri sangat terpukul atas kepergian sosok menantu yang sangat bertanggungjawab, karena selama ini Mayor Eko menopang kehidupannya.

Ia berharap Menteri Sosial Tri Rismaharini bisa memperhatikan nasib anak perempuanya agar diangkat menjadi ASN untuk menggantikan Mayor Eko sebagai tulang punggung keluarga.

Selain itu, berharap ada perhatian pemerintah tidak hanya untuk saat ini tapi berkelanjutan hingga cucunya dewasa. Juga, tim Balai Besar Kartini juga memberikan bantuan berupa tali asih.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close