HUMANITIES

Kemensos RI Melalui ATENSI Gelar Asessmen Komprehensif Bagi 135 Penyandang Disabilitas

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial RI, Ditjen Rehabilitasi Sosial melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) “Prof Dr Soeharso” Surakarta menggelar Asesmen Komprehensif Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Digelar 4 hari dimulai 13 hingga 16 Oktober 2020, menghadirkan 135 peserta asesmen dari penyandang disabilitas di Desa Tulungrejo, Kecamatan Besuki 14 penyandang disabilitas; di Desa Waung, Kecamatan Boyolangu 70 disabilitas; serta di Desa Plandaan Kecamatan Kedungwaru 51 penyandang disabilitas.

Dalam kegiatan asesmen tersebut menghadirkan dari berbagai profesi di BBRSPDF “Prof.Dr.Soeharso” dan untuk profesi yang tidak ada di Balai Besar menjalin kerjasama dengan Politeknik Kesehatan dari Surakarta.

Lintas profesi atau disiplin ilmu yang terlibat, yaitu pekerja sosial, dimana mereka bertugas menggali data melalui aspek sosialn, psikolog menggali data dari aspek perilaku dan aspek psiko sosial, profesi fisioterapis menggali aspek untuk mengembangkan, memelihara otot gerak dan memulihkan fungsi tubuh.

Juga, terapis disabilitas rungu wicara menggali tentang bicara bahasa; suara dan kelainan irama, profesi penyuluh sosial memberikan sosialisasi tentang ATENSI kepada penyandang disabilitas, orang tua penyandang disabilitas, tokoh masyarakat dan perangkat desa.

Di hadapan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung, Tutik Nurning selaku koordinator wilayah menyampaikan dalam sambutannya terkait kegiatan asessmen sebagai suatu proses pencandraan secara komprehensif untuk menggali permasalahan penyandang disabilitas di wilayah tersebut untuk selanjutnya dijadwalkan tindaklanjuti berupa kegiatan intervensi di tahap berikutnya.

Penutupan acara pada digelar pada Jumat (16/10/2020) di Rumah makan Bima, turut diserahkan hasil kegiatan asesmen komprehensif dari 135 penyandng disabilitas yang sudah mendapat pelayanan.

Penyerahan hasil asesmen turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung, diwakili oleh Chanief selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, perwakilan dari BAPPEDA Tk ll Kabupaten Tulungagung, UPT BLK Dinas Tenaga Kerja, LKS Persatuan Cacat Tubuh Tulungagung (PERCATU), serta Perkumpulan Disabilitas Mandiri

Tulungagung dan juga ada testimoni orangtua penyandang disabilitas. Usai melakukan asesmen di Kabupaten Tulungagung, didapatkan kesimpulan bahwa perlunya upaya penguatan ekonomi keluarga dengan pelatihan dalam bentuk pelatihan fermentasi pakan ternak, pelatihan batik sibori dan servis peralatan elektronika.

Termasuk, pendirian rumah latih sebagai sarana bertemunya orangtua penyandang disabilitas untuk memberikan intervensi asistensi rehabilitasi sosial bagi anak dengan disabilitas dan beberapa penyandang disabilitas yang masih memerlukan alat bantu mobilitas, prothese dan orthose yang sesuai dengan kondisi fisik disabilitasnya.

Penyerahan hasil asesmen komprehensif diterima oleh Chanief selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial yang mewakili Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung, dan acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ramah ramah.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close