HUMANITIES

Kemensos Gelar ATENSI Berbasis Community ke-4 Bagi Disabilitas Fisik di Kota Prabumulih

Indonesiaplus.id – Usai digelar di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung; Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu dan kini di Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan.

Kementerian Sosial melalui BRSPDF “Budi Perkasa” Palembang melaksanakan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Berbasis Community bagi Penyandang Disabilitas Fisik selama lima hari diikuti oleh 30 penyandang disabilitas dan 30 orang kader sosial/orang tua/organisasi sosial mendapat pelatihan keterampilan dan penguatan bagi penyandang disabilitas fisik dan keluarga, sistem sumber, serta stakeholder di daerah.

Pada akhir kegiatan para penyandang disabilitas akan diberikan bantuan kemandirian untuk modal usaha ataupun pengembangan usaha senilai Rp 1,5 juta per orang dengan total keseluruhan sebesar Rp 45 juta rupiah.

ATENSI hadir untuk memberikan pelayanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas. Program ATENSI dilaksanakan melalui basis Keluarga, Community serta Residensial.

Program ATENSI bagi penyandang disabilitas dilaksanakan melalui implementasi dengan memberikan pemenuhan kebutuhan dasar, terapi-terapi berupa terapi fisik, mental spiritual, psikososial, keterampilan/ kewirausahaan, pemberian perawatan/ pengasuhan sosial, dan dukungan keluarga serta peer group dan stakeholder.

Usai mengikuti pelatihan tersebut, para penyandang disabilitas diharapkan dapat memanfaatkan sebaik mungkin Bantuan Kemandirian tersebut sehingga dapat hidup mandiri dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Mengingat situasi masih pandemi Covid-19, petugas menjalankan protokol kesehatan (prokes), berupa pengukuran suhu tubuh peserta dan seluruh tamu undang, mencuci tangan serta menggunakan masker, menggunakan handsanitizer, serta menjaga jarak aman.

Pembukaan kegiatan ATENSI dihadiri oleh Kepala Balai Budi Perkasa Palembang Siti Sari Rumayanti, Walikota Prabumulih H. Ridho Yahya bersama Ketua PKK Kota Prabumulih, Kepala Dinas Sosial Kota Prabumulih Drs. A. Heryanto beserta Kepala Dinas/Badan Kota Prabumulih, Kepala Bazda Kota Prabumulih, Pimpinan Cabang Bank BRI Kota Prabumulih.

Kepala Balai Disabilitas Fisik Budi Perkasa Palembang menyampaikan kegiatan sebagai rangkaian yang telah digelar di empat lokasi di Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kota Prabumulih merupakan pelaksanaan ATENSI Berbasis Community yang terakhir di tahun 2020 usai di tiga lokasi sebelumnya.

“ATENSI merupakan wujud tanggungjawab pemerintah melalui Kementerian Sosial yang selalu hadir dalam memenuhi hak-hak penyandang disabilitas di daerah. Kami sangat mendukung Kota Prabumulih agar dapat menjadi Kota Inklusi dan ramah bagi penyandang disabilitas, ” ungkap Siti Sari Rumayanti.

Walikota Prabumulih mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik program dari Kementerian Sosial melalui BRSPDF Budi Perkasa Palembang bagi para penyandang disabilitas fisik di Kota Prabumulih.

“Saya mengajak semua pihak untuk peduli terhadap penyandang disabilitas. Kota Prabumulih berkomitmen tidak membedakan perlakuan dan kesempatan bagi disabilitas dengan yang lainnya serta saya mengajak seluruh pegawai berinfak bagi disabilitas sebagai bentuk kepedulian terhdap sesama,” tutur H. Ridho Yahya.

Selama menjadi Walikota, kata H Ridho, ingin kebermafaatan bisa dirasakan oleh semua lini masyarakat seperti penyandang disabilitas, homeless (tuna wisma), pemulung, dan lain sebagainya.

“Kami berharap program dari Kementerian Sosial melalui BRSPDF Budi Perkasa Palembang berupa pelatihan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya oleh semua peserta, hargailah program dari pemerintah agar dapat benar-benar bermanfaat, ” pungkasnya.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close