HEALTH

Usai Makan Lebaran Berkolesterol Tinggi, Seimbangkan dengan 5 Jenis Buah

Jumat, 15 Juni 2018

Indonesiaplus.id – Ragam sajian lebaran biasanya menggoda dan lezat tapi lemak tinggi serta kuah bersantan.

Anda mesti tetap waspada dan menjaga kesehatan. Salah-salah, kadar kolesterol dalam tubuh tak terkendali dan penyakit menghinggapi kamu.

Kolesterol bisa menyebabkan plak pada dinding arteri kamu dan bisa menyumbat peredaran darah. Penyakit stroke pun bisa mengintai kamu. Seperti dilansir NDTV, Jumat (15/6/2018).

Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa tetap menjaga pola makan seimbang dengan mengkompensasi makanan berlemak yang kamu makan di hari raya dengan mengonsumsi buah-buahan.

Ada lima jenis buah yang wajib Anda konsumsi usai berpesta dengan makanan berkolesterol tinggi.

Alpukat
Sangat direkomendasikan bagi orang dengan tekanan darah tinggi. Alpukat bisa menjadi sumber antioksidan seperti vitamin K, C, B5, B6, E, dan lemak tak jenuh. Kandungan itu bisa menjaga jantung kamu tetap sehat dan mengurangi risiko stroke.

Tomat
Kaya dengan berbagai vitamin yakni vitamin A, B, K, dan C. Tomat punya manfaat baik bagi kesehatan mata, kulit, dan jantung. Kandungan potasiumnya bisa menurunkan kolesterol, mengendalikan tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke.

Apel
Ampuh menurunkan tingkat kolesterol. Kandungan serat pektin dan antioksidan polyphenol bisa menurunkan kolesterol dan memperlambat oksidasi. Tak hanya itu, polyphenol juga bisa mencegah radikal bebas merusak pembuluh darah

Jeruk
Namun siapa kira buah yang satu ini juga bisa menurunkan kolesterol. Citrus mengandung hesperidin, zat yang bisa mengurangi gejala hipertensi. Kandungan serat pektin dan limonoid di dalamnya bisa mencegah pembekuan arteri dan mengurangi kadar kolesterol.

Pepaya
Dengan kandungan serat tinggi ini bisa membantu kamu mengontrol tekanan darah dan mengendalikan tingkat kolesterol. Serat yang terkandung dalam pepaya juga bisa memperlancar pencernaan.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close