HEALTH

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu? Ini Penjelasan Clinical Dietitian & Sport Nutritionist

Senin, 25 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari, susu merupakan salah satu asupan yang baik. Namun, agar mendapatkan manfaat ini, harus tahu kapan waktu terbaik minum susu.

Menurut Clinical Dietitian & Sport Nutritionist, Emilia E. Achmadi MS., RDN., bahwa waktu terbaik untuk minum susu berbeda-beda pada setiap orang.

Pada prinsipnya tergantung dari aktivitas yang dijalani sehari-hari. Meski begitu, dia menyarankan minum susu sangat baik untuk dilakukan setelah beraktivitas.

Emilia menyatakan, jika Anda aktif berolahraga, maka waktu yang tepat untuk minum susu adalah setelah Anda selesai olahraga.

Saat tersebut Anda akan mendapatkan semua kebaikan susu secara optimal, dan dalam waktu cepat. Usai etelah seseorang menjalankan aktivitas fisik yang berat, otot-otot di tubuhnya akan ‘rusak’.

Juga, kadar gula darah juga akan mengalami penurunan, karena kandungan energinya sudah digunakan untuk beraktivitas.

Susu memiliki kandungan nutrisi yang kaya. Kalori yang dikandungnya bersumber dari protein dan karbohidrat. Ketika Anda selesai berolahraga, tubuh bagaikan spons yang kering, yang bisa menyerap air.

Dalam kondisi tersebut, ketika Anda minum susu, tubuh akan dengan mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam susu. “Jadi bukan minum susu pada saat pagi, siang atau malam, tetapi sesuaikan dengan aktivitas kita,” katanya.

Selain itu, konsumsi susu juga berguna ketika Anda memiliki masalah gangguan tidur. Kesimpulannya, tidak ada waktu terbaik untuk minum susu.

Sebab susu bisa diminum kapan saja, sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan. Namun, jangan minum susu terlalu banyak.

Selain untuk menghindari efek kekenyangan, hal ini juga bertujuan agar kandungan kalsium dalam susu bisa terserap dengan sempurna.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close