HEALTH

Kenali Obat Ini Bisa Bikin Obesitas

Indonesiaplus.id – Salah satu penyebab utama kenaikan berat badan adalah karena terlalu banyak makan dan kurang berolahraga. Masih ada sebab lain seperti karena mengonsumsi suatu jenis obat.

Berbagai obat bisa berupa obat yang dijual bebas maupun obat yang diresepkan oleh dokter.

“Ada obat tertentu yang diketahui menyebabkan kenaikan berat badan tapi itu tidak berarti bahwa jika Anda mengambil salah satu dari mereka maka kenaikan berat badan tidak bisa dihindari,” kata seorang ginekolog integratif di Hall Center di Santa Monica, California, Prudence Hall, seperti dilansir laman Fox News. Di antara beberapa jenis obat yang cenderung menyebabkan kenaikan berat badan.

Antidepresan
Selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) seperti Prozac, Zoloft dan Paxil adalah obat yang bisa menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan. Mengapa?

SSRI bekerja dengan menghalangi reseptor di otak yang menyerap kembali hormon baik serotonin.

Hal ini tentunya bisa memengaruhi nafsu makan Anda.

Apa yang harus dilakukan: Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat antidepresan yang tidak menyebabkan tubuh Anda naik beberapa kilo. Bupropion adalah pilihan yang baik bagi banyak pasien.

Birth Control
Beberapa kontrasepsi telah terbukti menyebabkan kenaikan berat badan, seperti obat Depo-Provera.

Berkat dosis hormon progesteron yang tinggi maka hal ini bisa meningkatkan nafsu makan.

Bentuk lain dari kontrol kelahiran juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan, meskipun hal ini sering terjadi karena retensi air.

Apa yang harus dilakukan: Kabar baiknya adalah bahwa Anda memiliki banyak pilihan ketika datang ke pil birth control seperti pil estrogen dosis rendah.

Beta blockers dan angiotensin receptor blockers
Obat pencegah tekanan darah dan migrain ini diketahui menyebabkan kenaikan berat badan. Bahkan satu studi terbaru yang dipublikasikan dalam Laporan jurnal Cell menemukan bahwa angiotensin receptor blockers membuat metabolisme yang lambat dan bisa menyebabkan obesitas.

Apa yang harus dilakukan: Biasanya, baris pertama pengobatan untuk tekanan darah tinggi adalah diuretik, jadi jika Anda sudah diresepkan salah satu obat-obat ini, itu mungkin karena diuretik tidak bekerja.

Jika Anda mengonsumsi salah satu resep ini untuk tekanan darah tinggi, Anda mungkin tidak memiliki banyak pilihan lain untuk mengobati kondisi Anda, sehingga sangat penting untuk tetap memperhatikan gaya hidup untuk mencegah kenaikan berat badan.

Makan nabati, diet rendah gula dan melakukan banyak kegiatan olahraga dan tidur.

Steroid
Obat-obat ini cenderung menyebabkan insomnia, meningkatkan nafsu makan dan retensi air.

Apa yang harus dilakukan: Mintalah dokter Anda untuk menempatkan Anda pada dosis yang paling efektif yang bisa Anda konsumsi.

Dan saat Anda sedang mengonsumsi steroid, lakukan apa yang Anda bisa Anda lakukan. Misalnya dengan memprioritaskan tidur yang baik.

Antihistamin
Penelitian menunjukkan bahwa paparan kronis over-the-counter dan resep obat alergi ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan, terutama pada wanita.

Apa yang harus dilakukan: Coba metode alternatif untuk pencegahan dan pengobatan alergi, seperti mengambil suplemen seperti quercetin yang bisa meringankan gejala.[Ags]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close