HEALTH

Agar Kandungan Pestisida Hilang, Ini Cara Cuci Buah yang Benar

Minggu, 17 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Bisa jadi masih tersisa dan menempel pestisida pada buah-buahan yang dibeli. Karena itu sudah seharusnya dicuci sampai bersih dan satu cara yang benar membersihkan pestisida dari buah.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menggunakan baking soda adalah metode terbaik untuk membersihkan buah dari bahan kimia.

Para peneliti melakukan percobaan dengan menerapkan tiga metode pencucian yang berbeda ke sejumlah apel yaitu dengan pemutih, baking soda, atau air keran biasa.

Dari percobaan tersebut ditemukan bahwa apel yang direndam dalam larutan baking soda dan air selama delapan menit mengandung jumlah pestisida yang jauh lebih sedikit di permukaannya daripada yang menggunakan campuran pemutih atau air.

Usai 12 sampai 15 menit perendaman, hampir semua residu pestisida hilang. Ternyata, sodium bikarbonat (istilah ilmiah untuk baking soda) sangat baik dalam menghancurkan dua jenis pestisida, khususnya thiabendazole dan phosmet.

Namun, pendapat lain dijelaskan Popular Science yang menyebut baking soda tidak dapat menjangkau pestisida yang sudah masuk ke dalam buah-buahan.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close