TECHNOLOGY

NASA Laporkan Bumi Bakal Didekati 3 Asteroid Besar

Selasa, 15 Januari 2019

Indonesiaplus.id – Dilaporkan ada tiga batu luar angkasa atau asteroid besar akan meluncur melewati bumi dalam beberapa jam. Hal itu dilaporkan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA.

Kondisi tersebut tentu akan menjadi ancaman besar untuk bumi jika terjadi tabrakan, tetapi jika tak terjadi maka hal itu hanya kejadian biasa.

Pada Asteroid pertama akan melewati bumi sekitar pukul 03:20 WIB, dengan kecepatan lebih dari tiga mil per detik.

Asteroid yang dijuluki 2019 AT6, objek 17 meter akan meluncur dalam jarak dua juta mil dari bumi, yang setara delapan kali jarak antara planet kita dan bulan.

Sedangkan Asteroid kedua – 2019 AM8 – jauh lebih besar dari pendahulunya, dan mendekati bumi dengan kecepatan dua kali lipat.

Asteroid ini akan mencapai kecepatan hampir tujuh mil per detik saat melewati bumi pada hari Selasa pukul 4:03 sore.

Asteroid akan melewati planet kita lebih dari 2 juta mil dari permukaannya, atau delapan setengah kali jarak antara bulan dan bumi.

Selain itu, Asteroid ketiga yang dijadwalkan akan mendekati Bumi adalah 2019 AG7 – dan itu yang terbesar dari semuanya.

Dengan diameter 51 meter, artinya selebar menara miring Pisa – 2019 AG7 dijadwalkan akan melintas pukul 10:43 besok malam.

Kecepatan mencapai 4,2 mil per detik, ia akan melewati lebih dekat dari pendahulunya, naik sejauh 950.000 mil dari planet kita – sekitar empat kali jarak antara Bumi dan bulan.

Objek dekat-Bumi (NEO) apa pun yang datang dalam jarak sekitar 30 juta mil dari orbit planet kita, kemungkinan ada puluhan juta batuan ruang angkasa dengan diameter antara 10 hingga 20 meter yang akan merapat ke bumi.

Tidak kurang, sebanyak dua belas objek dekat Bumi diperkirakan akan terbang melewati planet kita akhir bulan ini, yang berarti trio asteroid besok bukanlah hal yang aneh.[sam]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close