TECHNOLOGY

Waspada Penipuan di WhatsApp dengan Modus Perintah Ganti Warna

Senin, 22 Mei 2017

Indonesiaplus.id – Modus penipuan menggunakan media sosial, WhatsApp dengan pesan berisi perintah untuk mengubah warna. Maka, abaikan saja perintah tersebut.

Situs indy100, Sabtu (20/5/2017), perintah itu mengharuskan Anda merubah warna hijau, warna ciri khas WhatsApp, menjadi warna baru dengan iming-iming pujian. Situs ini menggunakan huruf Cyrillic – bahasa Rusia – agar terlihat seperti whatsapp.com (sebenarnya ????????.com).

Bila mengunjungi link tersebut, Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan, “warna baru untuk WhatsApp, sekarang Anda dapat mengubah WhatsApp Anda dan membiarkannya menjadi warna favorit Anda”.

Biar terkesan “benar” situs tersebut menyatakan bahwa fitur mengubah warna ini tersedia untuk iOS, Windows, Apple, dan Blackberry. Kemudian, Anda diminta untuk berbagi situs ini ke 12 teman untuk “verifikasi”.

Begitu mereka telah memverifikasi, maka mereka memberitahu Anda bahwa fitur ini hanya tersedia melalui desktop, dan Anda perlu memasang ekstensi yang disebut “BlackWhats” dari Toko Web Chrome.

Akan tetapi, alih-alih memberikan Anda fitur WhatsApp berwarna-warni yang bagus itu, sebenarnya Anda telah masuk perangkap malware jahat yang siap “mengacak-acak” file-file Anda. Meski situs tersebut kini telah dihapus oleh mesin pencari Google. Tidak ada salahnya Anda harus tetap waspada.[Sam]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close