TECHNOLOGY

Jadi Primadona Masa Depan Profesi Bidang Data Science

Indonesiaplus.id – Salah satu jurusan yang banyak tengah digandrungi generasi milenial adalah Sains Data atau biasa dikenal Data Science.

Saat ini mulai berkembang di masyarakat, Data Science mulai menjadi primadona sejak big data dan digitalisasi. Juga, revolusi industri juga menjadi salah satu faktor Data Science menjadi populer. Revolusi industri yang terus berjalan secara tidak langsung menuntut kita untuk mengikuti perkembangan zaman.

Sementara itu, di Indonesia belum banyak perguruan tinggi yang menawarkan jurusan Data Science. Namun, beberapa perguruan tinggi negeri menawarkan jurusan S-1 Data Science yaitu, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Airlangga, dan Universitas Pembagunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Dimana di Universitas Airlangga baru mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2020 dan Universitas Pembagunan Nasional Veteran Jawa Timur pada tahun 2021.

Data Science merupakan jurusan yang mempelajari cara untuk mengolah dan menginpretasi data dengan benar yang nantinya diharapkan bisa memberikan hasil yang valid berdasarkan kenyataan yang ada. Dalam Data Science untuk mengolah data dibutuhkan formula statistika, bahasa pemrograman, dan tools yang tepat.

Terdapat beberapa alasan bisa menguatkan tekad Anda untuk mengambil jurusan ini yaitu memiliki sifat multidisipliner atau bukan hanya berfokus pada satu bidang saja melainkan juga berbagai bidang ilmu seperti pemrograman, statistika, dan matematika.

Menekuni Data Science menjadikan bisa memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk memberikan penjelasan mengenai informasi apa saja yang ada dalam data yang Anda olah. Namun, tidak kalah penting adalah lulusan Data Science banyak dibutuhkan dalam bidang industri.

Prospek kerja jurusan Data Science tak kalah menakjubkan, bagi seorang sarjana Data Science bisa bekerja sebagai Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, dan Big Data Specialist.

Profesi itu akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di berbagai bidang baik di Indonesia maupun di luar negeri. Gaji yang diperoleh cukup fantastis mislanya di Indonesia berkisar angka Rp 10 – 20 juta rupiah per bulan.

Prospek kerja Data Science memiliki peluang besar di masa depan di mana akan hidup berdampingan dengan teknologi dan hampir semua bidang menggunakan data untuk menjalankan bisnis dan mengambil keputusan.[nan]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close