TECHNOLOGY

Daun Beluntas Dijadikan Bahan Baku Parfum Kreasi Mahasiswa IPB

Sabtu, 20 Januari 2018

Indonesiaplus.id – Sudah sejak dulu masyarakat memanfaatkan daun beluntas yang tinggi khasiat sebagai solusi kesehatan dan kecantikan. Kini, daun beluntas biasa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal, salah satunya jamu.

Di tangan sekelompok mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), yaitu Latiful Akbar (Departemen Biologi), Andriyani (Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan), dan Auliya Fikri (Departemen Biologi) dicoba dimanfaatkan sebagai bahan baku utama parfum.

Dilansir dari laman IPB, Sabtu (20/1/2018), inovasi yang diberi judul ‘Pluchaefume: Natural perfume of Beluntas’ ini telah memenangkan juara pertama pada ajang Asian Pacific Agriculture Student Summit dan Undergraduate Project Competition di Taiwan.

“Pluchaefume adalah parfum alami yang berasal dari daun beluntas. Saya terinspirasi oleh ibu saya saat berada di Pati, yang biasa membuat makanan dari daun beluntas yang dicampur tepung kemudian digoreng. Dosen saya juga menggunakan beluntas sebagai pewangi daging itik. Melihat potensi ini, kami ingin menggunakan daun beluntas menjadi sesuatu yang lebih bernilai,” kata Andriyani mewakili tim.[Sam]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close