POLITICS

Wancana Hidupkan GBHN, Jimly: Secara Pribadi Mendukung

Indonesiaplus.id – Wacana menghidupkan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN) didukung oleh anggota DPD RI Jimly Asshiddiqie.

GBHN diperlukan agar semua orang tidak terjebak dalam pikiran jangka pendek. “Jadi, secara pribadi, saya mendukung GBHN hidup kembali,” ujar Jimly saat memberikan sambutan di pembukaan Silahturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI ke 29 di Auditorium Universitas Negeri Padang, Jumat (6/12/2019).

Saat ini, kata Jimly, kondisi politik ekonomi dan politik di Indonesia terjebak dalam pola pikir jarak pendek. Di mana cara berpikir dalam ekonomi dan politik sudah seperti pasar kekuasaan.

Di mana pihak yang mampu memberi banyak akan mendapatkan kekuasaan lebih luas. “Kondisi politik kita sudah menjadi pasar bebas. Ekonomi pasar bebas. Jadinya kekuasaan juga jadi pasar bebas,” katanya.

Situasi seperti sekarang ini membuat masalah politik dan ekonomi di Indonesia semakin liberal, sehingga politik ekonomi Indonesia hanya di tangan-tangan tertentu saja.

Tidak hanya menyebut Indonesia berada dalam kondisi seperti pasar bebas. Namun, mayoritas negara di dunia mengalami hal yang sama di mana kekuasaan akan ekonomi dan politik dikendalikan tangan tertentu saja.

Kondisi tersebut harus diubah, cendikiawan muslim harus tampil ke depan memberikan pemikiran-pemikiran cemerlang agar Indonesia berada di jalur yang tepat sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa.

“Perlu peranan cendikiawan dan perguruan tinggi. Kita harus ubah cara berpikir seperti cara pasar. Siapa yang punya banyak uang bisa punyai segalanya. Itu kan pikiran jangka pendek. Bagaimana kita berpikir pentingnya longmarch dan estafet kepemimpinan ke depan,” tandasnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close