POLITICS

Kriteria Ideal Wakil Panglima TNI Menurut KSP

Indonesiaplus.id – Jabatan Wakil Panglima TNI harus diduduki oleh seorang sosok berpengalaman sebagai kepala staf angkatan. Juga, Wakil Panglima TNI itu nantinya berpangkat jenderal bintang empat.

“Wakil panglima bintang empat dan dia setiap saat bisa menjalankan fungsi kepanglimaan, seyogyanya sudah punya pengalaman kepala staf angkatan,” ujar Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Tidak mengetahui siapa calon terkuat yang bakal menjadi Wakil Panglima TNI. Moeldoko meminta agar tidak berspekulasi saat ditanya apakah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa calon kuat Wakil Panglima TNI. “Tentu saja Panglima yang melihat, kok tanya saya,” tandanya.

Mantan Panglima TNI ini menandaskan bahwa seorang panglima TNI bisa meninjau pasukan yang operasi di luar negeri. Misalnya beberapa negara yang terdapat prajurit TNI itu di Lebanon dan Afrika.

“Panglima harus memastikan semua pasukan yang sedang operasi di luar negeri berjalan dengan baik, baik itu operasi laut maupun operasi darat, sehingga keberadaan panglima sering meninggalkan tempat,” katanya.

Selain itu, Panglima TNI memiliki tugas terkait operasional pengerahan kekuatan. Posisi Kepala Staf angkatan, bertugas untuk pembinaan menyiapkan prajurit supaya siap perang.

“Setiap keluar selalu membuat surat kepada salah satu kepala angkatan eks sebagai panglima. Jadi, kalau sudah ada panglima dan wakil panglima dalam satu kotak, sehingga kalau panglima enggak ada, otomatis wakil panglima itu eks selaku panglima, tugas kepanglimaan itu dijalankan,” pungkasnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close