POLITICS

KPU: Selama Pemilu 2019, 54 Petugas KPPS Meninggal dan 32 Sakit

Senin, 22 April 2019

Indonesiaplus.id – Pada saat proses Pemilihan Umum 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat banyak petugas yang meninggal dunia.

“KPU menyampaikan rasa duka mendalam, karena ada 54 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) per Ahad (21/4/2019) malam. Sedih sekali melihat teman-teman kami berguguran. Mereka pahlawan Pemilu Indonesia 2019,” ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan Aziz di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Selain 54 yang meninggal, ada 32 petugas KPPS yang menderita sakit selama Pemilu 2019. Menurut dia, kelelahan menjadi faktor petugas KPPS jatuh sakit dan meninggal dunia.

“Sebagian besar penyebab musibah yang dialami petugas karena kelelahan dan kecelakaan,” ungkap Viryan.

Diduga Viryan data petugas KPPS yang meninggal dan sakit kemungkinan akan bertambah. Sebab, proses penghitungan suara pada tingkat kecamatan masih berlangsung.

“Datanya sangat mungkin masih bertambah karena sekarang masih proses rekap suara di kecamatan sedang berlangsung, KPPS, PPS dan PPK terus merekap suara,” katanya.

Viryan berharap, petugas KPPS mendapat layanan kesehatan gratis dari Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan dan Pemda setempat.

Selain itu, pengawas TPS, PPL, dan Panwascam hingga para saksi juga mendapatkan layanan kesehatan. “Saya berharap ada layanan kesehatan gratis,” pungkasnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close