POLITICS

Jelang HUT OPM 1 Desember, Wapres Minta Aparat Waspada

Indonesiaplus.id – Menjelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) 1 Desember, perlu adanya kewaspadaan terhadap gerakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

“Kita terus mewaspadai gerakan KKB, karena itu kita siagakan aparat keamanan untuk melindungi,” ujar Wakil Presiden Ma’ruf Amien di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Kewaspadaan itu, kata Ma’ruf, agar aparat keamanan tetap mengedepankan pendekatan yang humanis terhadap masyarakat.

“Jadi, memang pendekatan humanis itu sifatnya pendekatan yang memberikan perlindungan terhadap warga masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya, jajaran dari Kepolisian Daerah Papua telah mengerahkan sebanyak 1.300 personel untuk mengamankan wilayah Papua menjelang HUT OPM pada 1 Desember.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw telah menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Jayapura, Selasa (26/11/2019) dan banyaknya personel untuk mengamankan wilayah Papua sekaligus memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Selain itu, pada awal Desember ada kegiatan keagamaan berlangsung, misalnya pra Natal. Sehingga masyarakat khususnya umat Kristiani tetap dapat melaksanakannya tanpa gangguan yang berarti.

“Di sisi lain ada agenda rutin yang selalu diupayakan oleh berbagai kelompok yang berusaha memisahkan Papua dari NKRI dengan berupaya mengibarkan bendera Bintang Kejora (BK),” pungkasnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close