POLITICS

Dukung Jokowi-Maruf Amin, Novel Ingin Mundur dari Caleg PBB

Senin, 28 Januari 2019

Indonesiaplus.id – Pasca Partai Bulan Bintang (PBB) memutuskan mendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin, Novel Bamukmin yang ingin mundur sebagai caleg dari partai tersebut.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan menanggapi, bahwa ada mekanisme yang harus dipatuhi caleg yang ingin mundur dari pencalonannya di Pemilu 2019 walaupun terdata sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu.

Syarat pertama ialah caleg yang ingin niat mundur harus menyampaikan niatannya kepada parpol yang mencalonkannya di Pemilu 2019.

“Tentu saja ada aturannya yang memungkinkan. Caleg tidak bisa mundur atas nama pribadi. Harus menyurati resmi dan berkoordinasi dengan parpol. Syarat caleg kan, dibuktikan kartu anggota parpol,” ujar Wahyu di Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

KPU telah mengeluarkan surat edaran KPU nomor 31 tentang calon yang tidak memenuhi syarat pasca penetapan DCT serta rtuang dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) KPU.

“Di sana lengkap dan dijelaskan semua varian, seperti tidak memenuhi syarat lagi sebagai caleg. Contoh, dia dikeluarkan dari keanggotaan parpol yang mengusulkan,” tandasnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close