POLITICS

Bahas Keamanan Kawasan, Menko Polhukam Terima Kunjungan Panglima Armada AS

Selasa, 8 Agustus 2017

Indonesiaplus.id – Untuk memelihara perdamaian kawasan sub regional, khususnya di Asia Tenggara dan Asia Pasifik diperlukan tanggungjawab bersama dengan memelihara perdamaian di kawasan tersebut.

“Kami berbincang soal bagaimana tanggungjawab bersama memelihara perdamaian kawasan, juga bicara kerja sama yang sudah kita bina selama ini,” ujar Menko Polhukam Wiranto saat menerima kunjungan Panglima Armada AS di Kawasan Asia Pasifik Laksamana Harry B Harris di Jakarta, kemarin.

Menurut Wiranto, setidaknya ada sekitar 200 kerjasama di bidang militer yang sudah terjalin. Kerjasama ini merupakan satu kegiatan yang terus menerus dilakukan dari tahun ke tahun.

Indonesia dan Amerika sepakat bahwa musuh bersama adalah terorisme dari ISIS. Perbincangan dengan Laksamana Admiral Harry menyangkut masalah bagaimana Amerika juga memiliki kepentingan untuk pengamanan kawasan yang juga difokuskan untuk mengatasi ISIS yang ingin membangun satu basis baru di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, Menko Polhukam menyampaikan bahwa Indonesia sudah memprakarsai satu pertemuan sub regional di Manado beberapa hari lalu dengan NewZealand, Australia, Malaysia, Brunei, Filipina membicarakan bagaimana kebersamaan menetralisir rencana pembangunan basis baru di Marawi

“Laksamana Harry sepakat bahwa hal itu harus dilakukan, sebab Amerika sendiri secara teknologi, secara langsung membantu Filipina melaksanakan operasi tersebut, ” tandasnya.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close