NATIONAL

Wilayah Sukabumi dan Cianjur Diguncang Gempa 5,2 Skala Richter

Selasa, 12 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Wilayah Sukabumi, Jawa Barat, diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR). Gempa tersebut terjadi pukul 09.23 WIB itu yang sempat dirasakan hingga Cianjur.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Kota Bandung Tony Agus Wijaya, bahwa pusat gempa berada di datar dengan koordinat 7.26 Lintang Selatan dan 106.99 Bujur Timur. Tepatnya 37 kilometer arah tenggara Sukabumi dengan kedalaman 113 kilometer.

“Gempa digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan hasil laporan dari masyarakat menunjukkan bahwa guncangan yang dirasakan di daerah Cianjur dan Sukabumi dalam skala intensitas I SIG-BMKG (I-II MMI). Patut disyukuri, karena gempa ini tidak berpotensi merusak,” ujar Tony.

Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup di bawah Lempeng Eurasia. “Gempa ini jenisnya menengah. Sesuai dengan hasil analisis BMKG, gempa dibangkitkan oleh aktivitas penyesaran naik dengan kombinasi pergerakan geser (oblique thrust fault),” katanya.

Hingga pukul 10.00 WIB, pihaknya tidak menemukan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). Ia mengimbau masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Cianjur tetap tenang. “Jangan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close