NATIONAL

Polri Minta Masyarakat Papua Tak Ada Perayaan pada 1 Desember

Indonesiaplus.id – Markas Besar Polri meminta agar masyarakat Papua beraktivitas seperti biasa, tanpa ada kegiatan perayaan dalam bentuk apapun.

“Menelang Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM) 1 Desember, kami minta tak ada kegiatan terkait perayaan,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Jakarta, Rabu(27/11/2019).

Jajaran kepolisian, kata Asep, di Polda Papua dan Papua Barat aktif menjaga keamanan di sana. Hingga kini situasinya kondusif dan terkendali.

“Situasi tidak ada penguatan secara spesifik, signifikan. Kekuatan yang digunakan sekarang yang sudah ada di Papua,” katanya.

Kendati demikian, Polri berkaca dari insiden yang menimpa para pekerja tambang setiap HUT OPM. Sebagai antisipasi tetap melakukan patroli demi memberikan rasa aman bagi para pekerja.

“Kegiatan patroli dan pendekatan terus dilakukan supaya pekeja tambang yang legal bekerja di situ tidak terganggu,” katanya.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyatakan pihaknya mengerahkan 1.300 personel untuk mengamankan wilayah Papua menjelang HUT OPM pada 1 Desember.

Hal itu disampaikan usai pertemuan dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Jayapura, Selasa (26/11/2019) banyaknya personel untuk mengamankan wilayah Papua itu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Terlebih awal Desember ada berbagai kegiatan keagamaan, seperti pra Natal sehingga diharapkan masyarakat khususnya umat Kristiani tetap dapat melaksanakannya tanpa gangguan.

Di sisi lain ada agenda rutin yang selalu diupayakan dilakukan oleh kelompok-kelompok yang berusaha memisahkan Papua dari NKRI dengan berupaya mengibarkan bendera Bintang Kejora (BK).

Untuk kegiatan memperingati HUT OPM pada 1 Desember mendatang, Kapolda Papua menegaskan sudah sepakat dengan Pemprov Papua untuk tidak mengizinkan seluruh kegiatan dengan alasan apapun.

Kegiatan yang dilakukan termasuk ibadah dalam rangka memperingati 1 Desember tidak akan diizinkan karena akan disusupi dan menjadi pemicu, mengingat ada kelompok tertentu yang ingin membenturkan warga dengan aparat keamanan.

“Pengalaman yang lalu, kami ingin menjaga keamanan dengan tidak memberikan ruang untuk melakukan kegiatan memperingati 1 Desember,” tandasnya.

Tidak ada penambahan pasukan karena personel yang dikerahkan jelang HUT OPM. Personel tersebut sudah berada sejak beberapa bulan lalu.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close