NATIONAL

Polda Jabar Terjunkan 32.862 Personel dan Helikopter Evakuasi

Selasa, 28 Mei 2019

Indonesiaplus.id – Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2019 dimpimpin langsung oleh Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Rudy Sufariadi di depan Gedung Sate, Kota Bandung, pada Selasa (28/5/2019).

Kapolda dan Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono melakukan pemeriksaan terhadap pasukan yang akan melaksanakan Operasi Ketupat 2019.

Menurut Rudy bahwa Operasi Ketupat kali ini telah dikerahkan sebanyak 32.862 personel gabungan. Jumlah tersebut terdiri dari 18.932 personel Polri, 3.624 dari TNI, dan sisanya dari instansi terkait termasuk bantuan masyarakat.

“Kami sudah siap dan bersinergi menangani semua Operasi Ketupat 2019 yang pendek ini 14 hari, itu saja,” tandasnya.

Selain itu, Rudy menandaskan pihaknya telah melakukan pemeriksaan jalur mudik bersama Panglima Kodam III/Siliwangi. Beberapa pos pengamanan dan pos terpadu di jalur-jalur mudik juga telah dilakukan pemeriksaan.

“Saya bersama Panglima (Kodam III/Siliwangi sudah ngecek jalur yang akan digunakan untuk mudik, nanti berikutnya kita akan cek yang kedua kali,” ungkapnya.

Untuk evakuasi cepat korban kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 berlangsung, Polda Jabar telah menyiapkan helikopter. “Penanganan cepat sudah disiapkan dari Polda dan dari Mabes Polri helikopter,” katanya.

Helikopter tersebut disiapkan untuk mengevakuasi pemudik yang sakit saat terjebak kemacetan selama arus mudik dan balik 2019. “Bila ada pemudik sakit atau apa nanti bisa disiapkan semuanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menandaskan ada puluhan pos yang disiapkan untuk para pemudik.

“Jadi ada Pospam (Pos Pengamanan) dan Posyan (Pos Pelayanan) di rest area. Ada 278 pos keamanan kemudian 35 pos pelayanan,” katanya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close