NATIONAL

Jaga Ekosistem Sungai, Danramil Ajak Warga Tanam Ikan Mas dan Mujaer

Senin, 23 April 2018

Indonesiaplus.id – Memanfaatkan lahan kosong, salah satunya dengan menanam bibit ikan. Selain bisa meningkatkan gizi masyarakat juga menjaga ekosistem alam agar terjaga dengan baik.

“Dulu mencari ikan di sungai dan saluran air mudah, tapi kini karena ada sebagian masyarakat mencari ikan dengan cara diracun ataupun disetrum, sehingga merusak ekosistem alam, ” ujar Danramil 1323/Cigugur Lettu. Arh. Agus Purnomo, Senin (23/4/2018).

Jenis ikan tawar yang bisa ditanam seperti ikan mas dan mujair, serta ada sekitar 15 ibu ekor yang akan ditebar ke sungai terdekat sebagai upaya menjaga punahnya ekosistem ikan di sungai.

“Bagi warga di wilayah cigugur agar berpartisipasi menjaga kelestarian alam di sungai dan menjaga ekosistemnya, sehingga sungai bisa bersih dengan tidak menjadikan sebagai tempat buang sampah, “ajaknya.

Benih ikan yang disebar di sungai agar diberi berkesempatan tumbuh besar dan berkembang biak, sehingga masyarakat pun bisa memanenya kemudian. Tapi warga jangan menggunakan cara meracun dan menyetrum.

“Menangkap ikan dengan meracun baik tradisional maupun pestisida dan menyetrum merupakan pelanggaran yang memiliki konsekuensi sanksi hukuman bagi pelaku, ” pungkasnya.[Man]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close