NATIONAL

Dirlantas: Diprediksi 10 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta saat Libur Natal & Tahun Baru

Rabu, 20 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Diprediksi kendaraan yang keluar dari Jakarta mencapai 10 ribu saat libur panjang Hari Raya Natal dan perayaan tahun baru 2018. Ribuan kendaraan tersebut, mayoritas akan menggunakan jalur tol menuju daerah Jawa Barat dan Banten.

Menurut Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Metro Jaya AKBP Nurhandono, bahwa pihaknya telah menyiapkan sekitar 1.200 personel polisi lalu lintas yang akan berpatroli di jalan raya dan puncak mudik diperkirakan Jumat 22 Desember.

“Kami prediksi bisa sampaikan 10 ribu kendaraan, tapi kami belum bisa pastikan karena ini kan dari arus mudik ini persiapan malam tahun baru dan natal. Bukan pada saat lebaran atau idul fitri,” ujarNurhandono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Pihaknya telah siap menghadapi moment pergeseran masyarakat tersebut. Bahkan, telah menyiapkan pos pengamanan di sejumlah titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan, terutama di sepanjang jalan tol penghubung Jakarta dengan Jawa Barat dan Banten.

“Pos pengamanan akan kami siapkan khususnya di jalur luar Jakarta yang arah Cikampek. Ini untuk arus mudik ya,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga masih sedang merumuskan skema pengalihan arus lalu lintas. Namun, pada prinsipnya ia telah siap menerapkan pengalihan arus maupun sistem buka tutup apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, berdasarkan situasi lapangan.

“Untuk arus mudik sendiri kami fokus pada pengamanan di jalan tol yang mengarah ke arah luar Jakarta baik itu ke arah Cikampek sampai kemudian ke arah Merak, akan kami lakukan pengamanan,” pungkasnya.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close