NATIONAL

Diguncang Gempa Sukabumi M 5.0, Gunung Salak Terpantau Aman

Indonesiaplus.id – Aktivitas gunung Salak terpantau masih dalam status aman, kendati sebelumnya diguncang gempa bumi berkekuatan M5.0 yang berpusat wilayah Sukabumi.

“Gunung Salam dalam kondisi masih aman, tidak ada pengaruh. Itu kan gempanya tektonik,” ujar Kawa, penjaga Pos Gunung Salak, Selasa (10/3/2020).

Guncangan gempa, kata Kawa, memang terasa cukup kuat di Gunung Salak, karena gunung tersebut berbatasan langsung wilayah antara Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Sukabumi.

“Guncangan gempa terasa sampai pos pemantau, lumayan M5.0 tapi intinya kondisi sekarang masih normal-normal aja,” ungkapnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan terjadi gempa bumi di wilayah Sukabumi sekira pukul 17.18 WIB.

Berdasarkan informasi dari BMKG gempa Sukabumi berkekuatan M5.0 dengan kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami, gempa tersebut sempat terasa cukup kuat hingga wilayah Bogor.

Akibatnya, puluhan rumah di wilayah Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, dilaporkan rusak. Tim dari BPBD Kabupaten Bogor masih terus melakukan pendataan terkait jumlah bangunan yang rusak terdampak gempa tersebut.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close