NATIONAL

3 Tewas dan 9 Berangsur Pulih, Pemkab Garut Tetapkan Status KLB Difteri

Jumat, 15 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Status Kejadian Luar Biasa (KLB) ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kasus wabah penyakit difteri. Sehingga, butuh langkah antisipasi dan penanganan lebih serius terhadap penyakit menular tersebut.

“Wabah difteri telah ditetapkan status KLB,” ujar Kepala Seksie Surveilans dan Imunisasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan KabupatenGarut, Asep Surahman, Kamis (14/12/2017).

Status KLB tersebut, kata Asep, karena adanya penderita difteri yang meninggal dunia tiga orang dari 12 kasus difteri di Garut.

Damapk munculnya kasus kematian itu mendapatkan peringkat pertama di Jawa Barat dalam potensi kematian akibat difteri. “Garut menduduki peringkat pertama dalam potensi kematian akibat difteri,” katanya.

Dinas Kesehatan terus berupaya melakukan pencegahan dan pengobatan kasus difteri tersebut agar tidak meluas atau menimbulkan korban jiwa.

Salah satunya dengan memberikan vaksin difteri kepada masyarakat untuk pencegahan wabah tersebut. “Jika Kementerian Kesehatan belum memprioritaskan imunisasi di Garut, kemungkinan pemberian vaksin tahun depan,” ucapnya.

Kasus difteri di Garut yang tercatat Dinas Kesehatan ada 12 orang, tiga orang meninggal dunia dan sembilan orang sudah berangsur pulih.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close