HUMANITIES

Wujudkan Laboratorium Pendidikan dan Pelayanan Sosial, Poltekesos Gandeng Dua Yayasan di Sukabumi

Indonesiaplus.id – Untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan pendampingan sosial, Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung menggandeng Yayasan Lembaga Penelitian Sosial dan Agama (Lensa) Sukabumi dan Yayasan Sinar Sukabumi meliputi Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat serta Laboratorium Pendidikan dan Pelayanan Sosial melalui naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Ketua Yayasan LENSA Omay Komarudin mengatakan, kerja sama dengan Poltekesos merupakan apresiasi bagi Yayasan LENSA yang tengah merintis dalam memberikan layanan pendidikan yang nantinya dapat diakses oleh penerima layanan dan masyarakat umum. Kegiatan Yayasan Lensa meliputi penelitian bidang pendidikan, hukum, dan agama; layanan pendampingan korban kekerasan; perlindungan perempuan dan anak; serta pemberian edukasi kepada para generasi muda terkait isu gender, stigma dan diskriminasi.

“Adanya kolaborasi dengan Poltekesos diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi kami untuk mendapatkan informasi, pemahaman dan pengetahuan terkati berbagai isu permasalahan sosial dan solusi penanganannya yang akhirnya memberikan penguatan guna mewujudkan misi memberikan layanan terhadap masyarakat di wilayah Sukabumi, ” kata Omay Komarudin di Sukabumi, Rabu (24/11/2021).

Hal senada disampaikan Ketua Yayasan Sinar, Taupik Abdullah Mansyur menilai dasar Yayasan Sinar karena adanya Lensa dan kiprahnya terkait penanganan masalah sosial di masyarakat Sukabumi hingga saat ini merupakan hasil didikan, dampingan dan penguatan dari Yayasan Sinar.

“Tentu diharapkan dengan adanya kolaborasi dengan Poltekesos bisa memperkuat SDM khususnya para pendamping lapangan dalam penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pendampingan dan penanganan masalah sosial, ” harap Taupik.

Kegiatan Yayasan Sinar fokus terhadap penanganan isu-isu HIV/AIDS melalui pendampingan terhadap ODHA dan keluarganya mendapatkan perawatan, pengobatan ATV, dan edukasi kepatuhan minum obat dikalangan ODHA; memberikan edukasi dan pendampingan kepada keluarga agar merawat, menjaga serta memberikan dukungan terhadap ODHA; serta edukasi dan informasi kepada masyarakat agar paham dan mendukung kegiatan pencegahan dan penanggulangan HIV.

Selain itu, Yayasan SINAR juga memberikan layanan khusus terhadap Anak Dengan HIV (ADHA) yatim piatu melalui pemberian nutrisi, obat-obatan, dan bantuan uang untuk pemenuhan kebutuhan dasar anak.

Direktur Poltekesos Bandung, diwakili oleh Kepala Bagian Umum dan Kerjasama (BUK) Evi Nurhayati mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Lensa dan Yayasan Sinar Sukabumi yang telah berkolaborasi dengan Poltekesos Bandung yang diharapkan bisa saling memberikan manfaat dan menguntungkan kedua belah pihak.

“Kami memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk turut serta menunjang dan mendukung program penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dilakukan oleh lembaga ataupun yayasan seperti oleh yang dilakukan oleh Yayasan Lensa dan Yayasan Sinar Sukabumi, ” ungkap Evi Nurhayati.

Mewakili unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kaprodi Rehabilitasi Sosial Moch Zaenal Hakim menyampaikan para dosen dan mahasiswa Poltekesos akan diarahkan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di kedua yayasan, khususnya yang memiliki kompetensi dan bidang kajian serta layanan terkait dengan Anak dan Gender, HIV dan Kesehatan, Keluarga, serta kajian dan layanan terkait lainnya untuk pengembangan pengelolaan program pelayanan dan peningkatan kapasitas SDM.

“Kami akan berkolaborasi mewujudkan pelaksanaan program pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat serta Laboratorium Pendidikan dan Pelayanan Sosial sesuai dengan fokus sasaran layanan dari kedua yayasan serta unit kajian dan layanan dari Poltekesos Bandung,” ujar Zaenal.

Acara penandatanganan PKS digelar di Aula Kantor Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sukabumi yang dihadiri perwakilan dari kedua belah pihak, yaitu Sub Koordinator Humas dan Kerja sama beserta Tim serta Pengurus dari Yayasan Lensa dan Yayasan Sinar Sukabumi.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close