HUMANITIES

Wujudkan Komite Nasional Disabilitas, Balai Tan Miyat Gelar Simulasi Tes CAT

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial RI melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Tan Miyat Bekasi menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT) untuk seleksi calon anggota Komisi Nasional Disabilitas (KND).

Simulasi CAT digelar di ruang Laboratorium Komputer bicara Balai Tan Miyat didampingi oleh Eko Pratama, PIC untuk tes virtual KND, Kamis (20/5/2021).

Diikuti lima peserta ASN penyandang disabilitas sensorik netra Balai Tan Miyat, yaitu Ferdo, Bayu, Ika, Zulkifli dan Suhendra. Setiap peserta mendapatkan link zoom dan link username untuk mengakses soal-soal tes.

Peserta seleksi mengalami beberapa kendala, seperti jaringan internet tidak stabil, laman terbuka tetapi tidak ada tampilan apa pun, link soal hanya bisa diakses melalui Google Chrome.

Termasuk, link soal yang diakses menggunakan gawai bisa terbuka, tetapi tidak terbaca oleh gawai yang menggunakan Talkback.

Usai berhasil membuka laman soal tes seleksi, peserta diminta mengerjakan dan menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda. Peserta menemui kendala saat menjawab soal pilihan ganda.

Soal dan pilihan jawaban terbaca tetapi jawaban tidak bisa dipilih, menjadikan tidak dapat lanjut ke pertanyaan berikutnya. Keluhan karena jawaban yang dipilih tidak ter-blok dan kesulitan membedakan jawaban mana yang sudah mereka pilih.

Menurut Eko terkait kendala dikarenakan button pilihan jawaban tidak terkoneksi dengan keyboard dan harus menggunakan mouse.

Peserta mencoba menjawab pertanyaan essay dan tidak menemukan kendala apapun, sehingga bisa disimpulkan kendala hanya di soal pilihan ganda.

“Sudah 70% dari proses awal login tidak ada masalah, jadi hanya pada soal pilihan ganda masih banyak kendala yang harus diperbaiki ke depan,” ujar Eko.

Berbagai kendala peserta simulasi menjadi masukan perbaikan sistem CAT dengan meminta masukan peserta agar mengembangkan CAT lebih mudah diakses oleh para penyandang disabilitas, khususnya penyandang disabilitas sensorik netra.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close