HUMANITIES

Mendikbud: Tahun Ini Bakal Tak Berlakukan SKTM Dalam PPDB

Selasa, 8 Januari 2019

Indonesiaplus.id – Kebijakan baru bakal dikeluarkan pemerintah yang tidak ingin diribetkan dengan masalah penyalahgunaan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Rencananya, penggunaan SKTM tidak diberlakukan lagi dalam PPDB tahun ini.

“Iya, kemungkinan SKTM tidak berlaku kecuali untuk mereka yang benar-benar berasal dari keluarga miskin,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Senin (7/1/2019).

Untuk mengetahui apakah benar siswanya berasal dari keluarga miskin, lanjut Menteri Muhadjir, dibuktikan dengan daftar penerima PKH (program keluarga harapan) atau sejenisnya. Bisa juga dengan daftar siswa miskin dari sekolah sebelumnya.

“Sebenarnya sekolah kan punya daftar siswa miskin jadi bisa pakai itu saja. Anak dari penerima PKH juga bisa diambiil. Jadi untuk SKTM kemungkinan tidak berlaku, bikin pusing ntar,” ucapnya.  

Dalam proses PPDB sebelumnya, penggunaan SKTM sempat bermasalah. Sebab banyak siswa mampu bisa mendapatkan SKTM demi masuk ke sekolah yang diinginkan lewat jalur keluarga miskin.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close