HUMANITIES

Kukuhkan PNKT Periode 2020-2025, Mensos: Jangan Terkotak Kotak dan Terpecah Belah

Indonesiaplus.id – Sebagai pembina nasional, Kementerian Sosial RI menggelar acacara pelantikan Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) masa bhakti 2020-2025.

Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Sekjen Kemensos Hartono Laras dan Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto melantik PNKT di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial, Selasa (2/3/2021).

Dimulai dengan pembacaan Dasa Sakti Karang Taruna dan Pembacaan SK Pelantikan PNKT oleh Kabag OHH Setditjen Pemberdayaan Sosial Latifah Ningrum. Dilanjutkan Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai pembina Karang Taruna membacakan Pengukuhan di hadapan seluruh PNKT dan peserta daring.

“Saya selaku Menteri Sosial Republik Indonesia, mengukuhkan saudara-saudara sebagai pengurus nasional karang taruna masa bhakti 2020-2025. Semoga saudara saudara dapat mengemban amanah dari warga karang taruna dan masyarakat di seluruh Indonesia, sebagaimana tertuang dalam hasil hasil temu karya karang taruna nasional VIII Tahun 2020,” ucap Mensos.

Hadir secara daring dan menjadi saksi pengukuhan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Periode 2020-2025, sekaligus menyampaikan harapan agar karang taruna berperan aktif membantu masyarakat dan menjadi garda terdepan gerakan sosial.

“Jangan pernah lelah untuk berjuang dalam memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan sosial untuk masyarakat dan bangsa. Dengan kebersamaan dan komitmen kita akan mampu menghadapi seluruh tantangan dan ancaman yang dihadapi,” tandas Gibran.

Ketua PNKT Didik Mukrianto menandaskan komitmen Karang Taruna untuk konsisten bersama dengan kemensos dan pemangku kepantingan lainnya menjadi bagian penting dari upaya pengentasan permasalah sosial.

“Kami berkomitmen dan konsisten bersama dengan kemensos dan pemangku kepantingan lainnya untuk terus menjadi bagian penting pengentasan permasalah sosial di bangsa ini, khususnya untuk mewujudkan kesejahteraan sosial di kalangan generasi muda. Kami terus hadir sebagai patriot sosial dengan karya bakti dan pengabdian,” tegas Didik.

Acara dilanjutkan Mensos bersama Didik Mukrianto menandatangani Berita Acara Pengukuhan Karang Taruna Masa Bakti 2020-2025 dan Mensos menyerahkan Panji dan Bendera Karang Taruna kepada Ketua Umum PNKT.

Dalam sambutan dan arahannya, Mensos menyampaikan betapa pentingnya peran Karang Taruna untuk kemajuan bangsa dan negara dengan terus bergandengan tangan dan jangan terpecah belah.

“Kita jangan menyerah, sesulit apapun mari kita selesaikan bersama sama, jangan terkotak kotak dan terpecah belah. Tidak ada kata tidak bisa dan tidak mungkin. Kita buktikan karang taruna dari manapun yang ada di kalimantan, Sulawesi, NTT, NTB, bahkan di Papua dan didaerah manapun mari kita buktikan bahwa kita bisa merubah dunia. Jangan biarkan semangat itu luntur, ” tutur Mensos, penuh semangat.

Acara pelantikan dan pengukuhan PNKT masa bhakti 2020-2025 tersebut disiarkan langsung melalui Zoom Meeting dan live streaming, serta kanal Youtube Kemensos dan PNKT.

Selain Sekjen, Irjen dan Dirjen Pemberdayaan Sosial, juga hadir Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat; Direktur Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil; Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT), Ketua Umum Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), Ketua Umum Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS), Perwakilan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) serta Pengurus Nasional Karang Taruna.

Juga, hadir secara daring Kepala Dinas Sosial Provinsi seluruh indonesia, Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota seluruh indonesia, Pengurus Karang Taruna tingkat provinsi, serta Pengurus Karang Taruna tingkat Kabupaten/Kota.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close