HUMANITIES

Kemensos RI Fasilitasi Pemulangan dan Berikan LDP Kepada Keluarga “L”

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial RI melalui Tim Respon Kedaruratan Balai “Phala Martha” di Sukabumi mengunjungi kediaman “L”.

Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagian dari rangkaian reunifikasi “L” sebagai Penyandang Disabilitas Mental (PDM) yang selama empat tahun terlantar di jalan dan ditemukan warga saat melahirkan di rumah kosong di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, pada Selasa (2/3/2021).

Tim Respon Kedaruratan Kemensos juga telah memfasilitasi pemulangan “L” agar bisa berkumpul kembali dengan keluarga besarnya di Desa Jimbe, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

LDP untuk memberikan dukungan psikososial terhadap “L”, keluarga dan masyarakat yang mengalami keterpisahan dan keterlantaran, sehingga perlu direkatkan kembali agar mendapatkan penerimaan dan dukungan sosial, serta beradaptasi dalam kehidupan bersama keluarga dan masyarakat.

Sub koordinator Seksi Asesmen dan Advokasi Sosial, Umar Khaerudin, menyampaikan, bahwa LDP untuk memberikan pendampingan kepada keluarga, penguatan kapabilitas dan tanggung jawab sosial keluarga.

“Tidak hanya sebagai PDM, “L” membutuhkan dukungan dan penerimaan dari keluarga, masyarakat dan pemerintah agar bisa stabil dan menjalani kehidupan secara wajar dan mandiri,” harap umar.

Keluarga “L” yang diwakili ayahnya, Katimun, mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terkait.

“Kepada semua pihak terima kasih atas segala kebaikan yang sudah diberikan kepada anak kami, semoga jadi ladang ibadah untuk bapak dan ibu. Gusti Allah lah yang akan memberikan imbalan dan pahala,” ucapnya.

Kegiatan LDP diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial dari Kemensos kepada keluarga “L” berupa beras, mie instan, susu serta perlengkapan bayi.

Hadir dalam LDP tersebut, yaitu Fahrudin mewakili Staf Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo, Sumanto Kepala Desa Jimbe, Nur Ellysa Rusma Bidan Puskesmas Setono dan Djupri Handoko Perawat Puskemas Pembantu Khusus layanan kesehatan jiwa Setono.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close