HUMANITIES

Kali Pertama, Presiden RI Dimakamkan di TMP Kalibata

Indonesiaplus.id – Seluruh Bangsa Indonesia berduka mendalam atas wafatnya Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie).

Masyarakat Indonesia menyebut BJ Habibie sebagai Bapak Teknologi Indonesia dengan ‘blue printnya’ yang mencipatkan Pesawat Gatot Kaca N250 yang cukup populer di kalangan dunia penerbangan.

Sang tokoh teknologi itu telah berpulang dipanggi menghadap Sang Maha Esa. BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Ia dikenal sebagai sosok yang rendah hati itu dan rencananya akan dimakamkan di samping pusara istri tercinta, Ainun Habibie. Presiden Jokowi akan bertindak sebagai Irup pemakaman Habibie yang dilaksanakan secara militer dan kenegaraan.

Hingga saat ini, BJ Habibie merupakan satu-satunya Presiden RI pertama yang akan dimakamkan TMP Kalibata. Presiden sebelumnya, seperti Soekarno, Soeharto dan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dimakamkan di luar TMP Kalibata.

Presiden pertama RI Soekarno dikebumikan di Blitar, Jawa Timur, Presiden kedua RI, Soeharto dimakamkan di Kompleks Makam Astana Giri Bangun, Surakarta, serta Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dimakamkan di Kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close