HEALTH

Turunkan Kadar Kolesterol, Ampuh Gunakan Bumbu Dapur

Indonesiaplus.id – Kolesterol diproduksi tubuh sehingga lemak yang ditemukan di setiap sel manusia. Maka, kolesterol paling penting dalam membentuk hormon dan vitamin D.

Selain itu, berperan untuk pencernaan lemak di tubuh. Walaupun bila melansir laman prevention pada Jumat (31/7/2020), saat kadar kolesterol dalam darah buruk maupun terlalu tinggi akan berujung pada penyakit jantung.

Teratur olahraga teratur, menghindari lemak trans, dan memakan makanan mengandung lemak baik, seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun, adalah cara terbaik untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol.

Disamping mengendalikan konsumsi gula dan karbohidarat harian. Menurut Tieraona Low Dog, penulis buku Life Is Your Best Medicine, ada strategi lain yang bisa dilakukan, yakni memanfaatkan ragam bumbu dapur.

Terdapat banyak rempah yang kaya akan antiokdisan dan aktivitas anti-inflamasi. Namun, secara spesifik bumbu dapur, seperti bawang putih, bawang bombai, jahe, dan kunyit terbukti ramah untuk jantung. Juga, ada biji fenugreek yang umum ditemukan di kuliner India dengan fungsi serupa.

Dengan bahan bumbu dapur ini bisa diolah menjadi minuman, maupun dicampur dalam makanan yang sangat disarankan juga ampuh melawan kolesterol tinggi. Konsumsinya mesti rutin untuk memperlihatkan hasil maksimal.

Dr. Daniel Rieders, seorang ahli jantung, dilansir dari Yourtango, setidaknya ada tiga makanan terbaik untuk bantu melawan kadar kolesterol tinggi. Pertama, kaya akan serat.

Pada umumnya, orang butuh buang air besar setidaknya sekali dalam sehari dan makanan kaya serat memastikan hal ini terjadi. Konsumsi makanan kaya serat juga akan mengendalikan kadar gula dalam darah.

Maka, menambah warna di piring. Manfaatkan lima rasa setiap hari, yakni manis, asin, asam, pahit, dan gurih untuk memastikan Anda memenuhi semua jangkauan makanan sehat. Pemenuhan gizi seimbang ini akan membantu kadar sehat sel tubuh.

Namun, yang tidak kalah penting Anda punya pilihan mengonsumsi bahan makanan berkualitas baik. Kendati sedikit mahal, konsumsi makanan organik merupakan investasi jangka panjang. Atau ada pilihan lain, Anda bisa menanam sendiri kebutuhan pangan Anda.[was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close