HEALTH

Makanan Kaya Serat Efektifkan Program Diet

Indonesiaplus.id – Program diet dengan serat tinggi dianjurkan para pakar gizi. Juga, termasuk yang cara untuk menurunkan berat badan yang cukup efektif.

Mengkonsumsi serat tidak bisa dicerna dalam saluran pencernaan, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Artinya, bisa menghindarkan kita dari makan secara berlebihan. Ada beberapa makanan kaya serat yang baik untuk menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi Oatmeal
Oatmeal merupakan salah satu contoh dari sarapan yang akan membantu Anda tetap kenyang sampai makan siang. Makan oatmeal dengan buah yang juga dikemas dengan banyak serat, sesendok yoghurt Yunani atau mentega almond, dan taburi biji chia. Sekitar 3,5 ons oatmeal mengandung sekitar 10 gram serat.

Buah Alpukat
Kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal, Alpukat yang sehat bagi jantung dan juga mengandung serat. Sekitar 2,5 ons porsi alpukat mengandung 4,6 gram serat.

Biji Chi
Dengan mengkonsumsi biji chia memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, mulai dari serat tinggi omega-3, juga rendah kalori dan bebas gluten.

Satu ons biji chia mengandung 11 gram serat dan memberikan nutrisi seperti magnesium, mangan, fosfor, kalsium dan banyak antioksidan.

Kecang Lentil
Lentil adalah kacang-kacangan kering. Mereka sangat mudah dipersiapkan dan cocok dengan berbagai selera. Lentil mengandung serat yang bisa menurunkan kolesterol.

Berbagai penelitian menemukan bahwa serat larut membantu mencegah gangguan pencernaan.

Sayuran Brokoli
Setengah cangkir brokoli mengandung sekitar 3 gram serat. Meski makan brokoli sulit bagi sebagian orang, tetapi bukan berarti Anda perlu memakannya mentah atau bahkan dimasak dengan sendirinya.

Caranya, Anda bisa menumisnya atau mengkombinasikan dengan sayuran yang mengandung serat lainnya.

Buah Ape
Apel membuat Anda kenyang karena kandungan serat dan juga membantu pencernaan. Apel kecil mengandung sekitar 3,6 gram serat makanan.[Mas

Show More

Related Articles

Back to top button
Close