HEALTH

Ketahui Manfaat Konsumsi Kacang Bagi Kesehatan Jantung

Jumat, 29 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Kacang sebagai camilan bisa menjadi pilihan Anda dalam menemani aktivitas sehari-hari.

Menurut para ahli menyarankan agar mengonsumsi segenggam kacang yang bisa mencegah Anda dari rasa lapar. Karena itu, memakan segenggam kacang beberapa kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga hampir seperempat.

Penelitian terhadap lebih dari 210.000 orang menemukan bahwa mereka yang makan kenari, kacang almond, hazelnut, kacang mete, pistachio dan pecan dua kali atau lebih dalam seminggu memiliki resiko 23 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung koroner dan 15 persen lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit kardiovaskular.

Dengan jumlah kacang yang sama, yang secara teknis merupakan legum juga mengurangi risiko penyakit hingga 15 persen dan 13 persen.

Makan kenari, secara khusus, satu atau beberapa kali per minggu mengurangi penyakit jantung koroner dan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21 persen dan 19 persen.

“Kami menemukan kacang merekomendasi untuk meningkatkan asupan berbagai jenis kacang, sebagai bagian dari pola diet yang sehat untuk mengurangi risiko penyakit kronis pada populasi umum,” ujar penulis utama studi, Marta Guasch-Ferre, PhD, seperti dilansir laman Yahoo Health.

Penelitian berskala besar, yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology, mengumpulkan riwayat medis, gaya hidup dan penyakit dari 210.000 perawat wanita dan profesional kesehatan laki-laki hingga 32 tahun melalui kuesioner mandiri setiap dua tahun.

Dari analisis tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan antara jumlah kacang yang dikonsumsi dan penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

Sehingga, mereka yang makan lima atau lebih porsi kacang dalam seminggu memiliki 14 persen lebih rendah risiko penyakit kardiovaskular dan 20 persen lebih rendah risiko penyakit jantung koroner.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close