HEALTH

Kerja Shift Malam, Bisa Pengaruhi 4 Hal Penting Hidup Anda

Rabu, 30 November 2016

Indonesiaplus.id – Tidak sedikit ketika sedang menikmati liburan di akhir tahun, tapi banyak pekerja 20-an justru bekerja dengan sistem shift. Mereka bekerja keras dengan jangka waktu 8 jam tiap harinya, mulai dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Selain itu, ada juga yang bekerja dan ditempatkan dalam shift malam yang bisa dimulai dari pukul 8 malam hingga 4 pagi. Shift malam ternyata dapat pengaruhi 4 hal dalam hidup Anda.

Tidak menentu jam tidur atau istirahat
Ketika mengikuti kerja shift malam, tidak ada jaminan pasti kapan waktu tidur yang diperbolehkan. Tentunya saat sedang bekerja malam hari, mencari waktu sela untuk istirahat tidur sejenak tidak diperbolehkan. Karena hal ini pula, waktu tidur akan jadi tidak menentu. Untuk menghindari ini, banyak orang yang memililh tidur dari siang hari hingga malam menjelang pergi kerja, namun ini bukan waktu tidur yang baik.

sisi kehidupan sosial berubah
Biasanya Anda bisa menikmati waktu bebas dengan hati yang senang. Ketika teman-teman mengajak makan malam bersama atau sekedar bersantai, Anda masih terjebak dalam rutinitas kerja shift yang dibebankan pada Anda. Pastinya setiap orang tidak ingin bekerja pada waktu akhir minggu, namun karena tanggung jawab pekerjaan, Anda harus melakukanya demi karir yang cemerlang.

Bisa dengan mudah diserang depresi
Kekurangan jam tidur mempengaruhi kehidupan sosial, depresi akan lebih mudah muncul. Kehidupan pribadi seakan-akan tidak memiliki batasan lagi dengan kehidupan kerja yang menuntut profesionalitas. Daripada selalu menggerutu dengan keputusan atasan, lebih baik membuat jadwal khusus untuk memastikan Anda memiliki waktu untuk mengurus diri sendiri.

Menguji keteguhan niat
Bagi Anda yang masih menunjukkan performa bagus saat shift malam, bisa saja waktu kerjanya dikembalikan seperti waktu kerja normal. Keluar dari perusahaan merupakan pilihan yang dapat diambil, tapi tentunya bukan pilihan terbaik karena Anda tidak bisa bertahan dalam berbagai ujian yang diberikan. Jadi tetaplah positif dan terus maju untuk meraih karier impian Anda.[Mas]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close